Breaking News:

Virus Flu Burung Muncul Lagi di Jepang, Ratusan Ribu Ayam Dimusnahkan

Wabah flu burung dipastikan muncul di sebuah peternakan ayam di Kota Mitoyo, Kagawa barat, Jepang.

Editor: Vito
KOMPAS.com/Tresno Setiadi
ilustrasi - pemusnahan unggas karena flu burung di Kelurahan Keturen, Tegal Selatan. 

TRIBUNJATENG.COM,  TOKYO - Otoritas lokal di Jepang barat mulai memusnahkan sekitar 330 ribu ekor ayam setelah ditemukan wabah flu burung yang berpotensi besar menjadi patogen.

Wabah flu burung dipastikan muncul di sebuah peternakan ayam di Kota Mitoyo, Kagawa barat, Jepang.

Kantor berita Kyodo melaporkan, wabah itu kembali muncul untuk pertama kalinya di Jepang dalam hampir 3 tahun terakhir, dan pemerintah daerah telah meminta bantuan dari angkatan bersenjata.

Operasi pemusnahan dimulai pada Kamis (5/11), dan diharapkan rampung dalam 10 hari ke depan.

Dilansir Anadolu Agency, perintah pemusnahan dilakukan setelah peternakan itu melaporkan hampir 3.800 ayam mati dalam 4 hari.

Otoritas setempat telah melarang peternakan ayam lain dalam radius 10 kilometer dari lokasi infeksi memindahkan unggas dan telurnya.

Menurut pemerintah prefektur Kagawa, langkah itu mencakup sekitar 4,62 juta ayam di 115 peternakan, tapi belum ada laporan kematian terbaru dari unggas lain di zona tersebut.

"Saya tidak mengerti bagaimana infeksi itu berasal sejak kami menerapkan langkah-langkah sanitasi dengan cermat. Saya tidak punya pilihan selain menunggu instruksi dari pihak berwenang," kata pemimpin perusahaan yang mengoperasikan peternakan yang terinfeksi.

Dilansir Kyodo News, para peternak unggas setempat menyatakan keprihatinan tentang dampaknya terhadap bisnis mereka.

"Saya dalam masalah karena saya tidak bisa mengirim telur, kecuali (ayam-Red) dipastikan negatif dalam tes," kata peternak unggas berusia 60-an yang menjalankan bisnis dalam zona 3 kilometer.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved