Breaking News:

Penanganan Corona

Cerita Kalak BPBD Kota Pekalongan yangJadi Petugas Pemakaman Covid-19: Awalnya Merasa Takut

Para petugas pemakaman pasien Covid-19 di TPU Sapuro, Kota Pekalongan sempat merasakan takut saat prosesi pemakaman.

Istimewa
BPBD Kota Pekalongan saat memakamkan jenazah Covid-19. 

TRIBUNJATENG.COM, Pekalongan - Para petugas pemakaman pasien Covid-19 di TPU Sapuro, Kota Pekalongan, Jawa Tengah sempat merasakan takut, saat melakukan prosesi pemakaman.

Lantaran, merasa terancam terpapar virus mematikan yang tak kasat mata.

Seperti yang dikatakan Ketua Pelaksana BPBD Kota Pekalongan Saminta, pihaknya yang menjadi tim pemakaman pasien Covid-19 ataupun pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal dunia sempat merasakan takut.

Dari pihak keluarga, terutama sang istri dan anaknya sempat khawatir lantaran harus berjibaku memakamkan jenazah akibat Covid-19.

"BPBD mendapatkan tugas untuk melakukan pemakaman jenazah Covid-19. Pekerjaan ini tentu tidak mudah, karena kita tahu semua. Dikalangan masyarakat, bahwa virus corona sangatlah menakutkan."

"Banyak petugas BPBD awalnya merasa takut mengenai tugas ini. Kemudian, saya menjadi kepala memberikan penjelasan mengenai tugas ini dan alhamdulillah awalnya merasa takut, sekarang semua petugas mau menjalankan tugas ini," kata Saminta kepada Tribunjateng.com, Minggu (8/11/2020).

Menurutnya, saat itu semua petugas belum pernah melakukan tugas semacam ini. Sehingga, mereka diberikan pelatihan selama dua hari ini untuk mengerjakan tugas tersebut.

"1 tim pemakaman ini ada 8 orang, semuanya diberikan pelatihan selama dua hari untuk melakukan pemakaman jenazah dengan protokol kesehatan," ujarnya.

Sejak awal mula melakukan pemakaman jenazah, Saminta mengaku, sempat dijauhi oleh para tetangga sekitar.

Tetapi setelah diberikan pemahaman, masyarakat mengetahui apa tugas yang dilakukannya dan saat ini sudah kembali seperti biasa. Lantaran dirinya sudah rapid tes dan swab dengan hasil negatif.

Halaman
1234
Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved