Breaking News:

Berita Pekalongan

Pilkada Kabupaten Pekalongan, 21.621 Penyelenggara Pemilu Jalani Rapid Test

KPU Kabupaten Pekalongan, pastikan semua tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati Pekalongan memenuhi prokes.

Istimewa
Badan Adhoc untuk Pilkada Kabupaten Pekalongan. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - KPU Kabupaten Pekalongan, pastikan semua tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati Pekalongan memenuhi protokol kesehatan.

Seluruh tingkat penyelenggara atau Badan Adhoc dari KPPS, Pak TPS, PPK, dan PPS wajib menjalani rapid test.

Rapid tes menjadi langkah awal KPU Kabupaten Pekalongan dalam, mempersiapkan personilnya menghadapi pelaksanaan tahapan pemilihan serentak di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal mengatakan pelaksanaan rapid test diselenggarakan dari tanggal (9/11/2020) hingga (22/11/2020).

"Tempat pelaksanaan rapid tes ada dua yaitu RSUD Kajen dan RSUD Kraton, untuk pelaksanaan RSUD Kraton dilakukan di IBC Wiradesa," kata Ketua KPU Abi saat ditemui Tribunjateng.com, Selasa (10/11/2020) siang.

Abi menuturkan, rapid test di RSUD Kajen untuk petugas di Kecamatan Kandangserang, Kajen, Karanganyar, Paninggaran, Kesesi, Bojong, Talun, Doro, Petungkriyono, Lebakbarang, dan Kecamatan Wonopringgo.

"Sedangkan, di RSUD Kraton untuk petugas di Kecamatan Sragi, Wiradesa, Wonokerto, Tirto, Siwalan, Buaran, Karangdadap, dan Kecamatan Kedungwuni," tuturnya.

Menurutnya, total penyelenggara atau Badan Adhoc yang akan di rapid test ada 21.621 orang diantaranya KPPS, Pam TPS, PPK, dan PPS.

"KPPS ada 15.141 orang yang akan menjalani rapid tes, lalu pam TPS ada 4.326 orang, PPK dan sekretariat ada 171 orang, dan PPS beserta sekretariatnya ada 1.710 orang. Jadi, total yang dirapid ada 21.621 orang," ujarnya.

Abi mengungkapkan, jika pada hasil rapid test keluar ada anggota KPPS ataupun yang lainnya dinyatakan reaktif, maka KPU tidak serta merta akan mengganti.

Namun yang bersangkutan diminta untuk menjalani swab test dan isolasi mandiri selama 14 hari.

"Hari pertama laporan dari rumah sakit ada 40 an yang reaktif, mereka akan melakukan tes swab sesuai prosedur yang dilakukan oleh dinas kesehatan," ungkapnya.

Badan Adhoc untuk Pilkada Kabupaten Pekalongan menjalani rapid tes.
Badan Adhoc untuk Pilkada Kabupaten Pekalongan menjalani rapid tes. (Istimewa)
Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved