Breaking News:

Berita Pati

Kabupaten Pati 100 Persen Terbebas dari Perilaku Buang Air Besar Sembarangan

Bupati Pati Haryanto mengikuti seremoni virtual Penganugerahan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award 2020

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: galih permadi

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati Haryanto mengikuti seremoni virtual Penganugerahan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award 2020 yang digelar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jumat (13/11/2020).

Pada kesempatan tersebut, Kabupaten Pati mendapat tanda penghargaan STBM berkelanjutan sebagai Kabupaten/Kota Stop BABS/ODF. Selain itu, ada pula sejumlah penghargaan personal yang diterima tokoh-tokoh penggerak STBM di Pati, antara lain Kepala Desa Pekalongan Kecamatan Winong Ukhwatur Roi.

Bersama jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati dan para penerima penghargaan, Haryanto mengikuti seremoni tersebut dari Paringgitan Pendopo Kabupaten Pati.

Haryanto bersyukur Kabupaten Pati telah seratus persen memenuhi gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS)/Open Defecation Free (ODF). Artinya, seluruh wilayah di Pati telah terbebas dari perilaku buang air besar sembarangan (BABS).

“Jadi kita sudah 100 persen bebas dari perilaku buang air besar sembarangan. Di wilayah Jawa Tengah, Pati ada di urutan ke-19 (kabupaten/kota yang berhasil mengentaskan perilaku BABS),” ujar dia.

Menurut dia, capaian ini merupakan hasil dari bersatu padunya upaya pemerintah daerah, desa, puskesmas, dan kecamatan dalam menghilangkan perilaku BABS.

Selama ini, pihaknya senantiasa melakukan edukasi dan sosialisasi pada masyarakat terkait hal ini.

Namun demikian, lanjut haryanto, terkait gerakan SBS/ODF, pihaknya bukan semata-mata mengejar penghargaan. 

“Lebih dari itu, pola hidup bersih dan sehat harus benar-benar diterapkan,” ungkap dia.

Selain menghindari BABS, lanjut Haryanto, pada masa pandemi Covid-19 ini untuk hidup sehat masyarakat juga harus disiplin memakai masker dan cuci tangan pakai sabun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved