Breaking News:

Penanganan Corona

Indonesia Catat Rekor Tertinggi Kasus Harian Covid-19, 5.444 Kasus Dalam 24 Jam, Apa yang Terjadi?

selama beberapa minggu terakhir Satgas terus berkoordinasi dengan daerah untuk menggencarkan testing dan penelusuran kasus Covid-19

Editor: muslimah
https://covid19.go.id/
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito 

Indonesia Catat Rekor Tertinggi Kasus Harian Covid-19, 5.444 Kasus Dalam 24 Jam, Apa yang Terjadi?

KOMPAS.com - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memberikan tanggapan atas lonjakan kasus harian Covid-19 yang mencapai 5.444 kasus dalam 24 jam terakhir.

Menurut Wiku, ada sejumlah penyebab terjadinya lonjakan kasus positif ini.

"Kenaikan angka ini dapat terjadi karena beberapa hal, baik karena lonjakan kasus infeksi, meningkatnya testing, atau akumulasi kasus yang baru terlaporkan dan tercatat,"ujar Wiku saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (13/11/2020).

Dia menyebut, selama beberapa minggu terakhir Satgas terus berkoordinasi dengan daerah untuk menggencarkan testing dan penelusuran kasus Covid-19.

Sudah Terasa Beberapa daerah yang menunjukkan kenaikan kasus yang signifikan, seperti Jawa Tengah (1.362 kasus) sudah menyampaikan sebelumnya bahwa bisa terjadi lonjakan kasus konfirmasi yang tajam akibat dari testing yang meningkat.

Wiku menegaskan, pemerintah terus mengimbau agar pemda meningkatkan jumlah testing secara masif, terutama setelah masa liburan panjang dan kejadian terkumpulnya massa dalam jumlah besar.

"Ini diperlukan untuk deteksi dan penanganan Covid-19 sedini mungkin," kata Wiku.

"Kami juga tidak bosan untuk mengimbau, jangan sampai kita lalai dalam menjalankan protokol kesehatan sehingga berkontribusi terhadap penambahan kasus," tambahnya.

Sebelumnya, Indonesia kembali mencatat rekor penambahan harian kasus positif Covid-19 pada Jumat (13/11/2020).

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved