Breaking News:

Berita Kabupaten Pekalongan

Antisipasi Penyebaran Covid-19, 30 Warga di Wonopringgo Pekalongan Swab Test

"Swab test dilakukan sebagai tracking atas temuan kasus positif Covid-19 di ketiga desa tersebut," kata Wawan

Istimewa
Puluhan warga di Kecamatan Wonopringgo diangkut menggunakan mobil Satpol PP saat mengikuti test swab di RSDC (Rumah Sakit Darurat Covid) Wonokerto. Istimewa 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Guna mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Pekalongan, Dinas Kesehatan melakukan test swab untuk puluhan warga  di tiga desa di Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwiantoro mengatakan, tracking ini sebagai upaya untuk mengantisipasi sejak dini penyebaran virus corona.

"Swab test dilakukan sebagai tracking atas temuan kasus positif Covid-19 di ketiga desa tersebut," kata Wawan saat dihubungi Tribunjateng.com, Selasa (17/11/2020).

Menurutnya, sebelum dilakukan di Wonopringgo swab test juga telah dilakukan terhadap sejumlah warga di Desa Krandegan, Kecamatan Paninggaran.

"Untuk swab tes yang di Wonopringgo, kami bekerjasama dengan Satpol PP dan kecamatan untuk membawa mereka. Mereka akan diswab di RSDC (Rumah Sakit Darurat Covid) Wonokerto," ujarnya.

Sementara itu, Camat Wonopringgo Tuti Haryati saat dihubungi Tribunjateng.com mengatakan, sebanyak 30 warga dari tiga desa, yakni Desa Rowokembu, Wonorejo, dan Legokgunung menjalani swab test di RSDC Wonokerto.

"Mereka menjalani tes swab, hasil tracking dari kasus-kasus di tiga desa tersebut. Masing-masing desa jumlahnya beda," kata Camat Wonopringgo Tuti.

Menurutnya, warga bersemangat untuk mengikuti swab test.

"Warga dengan kesadaran sendiri bersedia mengikuti swab test," ujarnya.

Pihaknya juga mengungkapkan, jumlah warga yang mengikuti test swab cukup banyak. Oleh karena itu, pihaknya meminta bantuan akomodasi transportasinya dari Satpol PP. 

"Daripada pakai ambulans bolak balik, kami bekerjasama dengan Satpol PP untuk memberangkatkan mereka ke RSDC dengan truk bareng-bareng," ungkapnya.

Tuti menambahkan, perkembangan kasus di Kecamatan Wonopringgo terus mengalami penambahan. Oleh karena itu, pihaknya mengingatkan kepada desa agar terus menyosialisasikan ke warganya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan gerakan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved