Breaking News:

Menlu Armenia Mundur usai Kesepakatan Damai dengan Azerbaijan

Pengunduran Mnatsakanyan berlangsung di tengah kritikan dan kecaman karena menyepakati gencatan senjata dengan Azerbaijan.

Editor: Vito
AP via CNN
Menlu Armenia Zohrab Mnatsakanyan mengundurkan diri usai kesepakatan gencatan senjata dengan Azerbaijan. 

TRIBUNJATENG.COM, YEREVAN - Menteri Luar Negeri Armenia, Zohrab Mnatsakanyan, mengundurkan diri dari jabatannya pada Senin (16/11), setelah gencatan senjata konflik Nagorno-Karabakh dengan Azerbaijan disepakati.

Pengunduran diri Mnatsakanyan diumumkan juru bicara Kemlu Armenia melalui pernyataan di Facebook. Mnatsakanyan mundur setelah menjabat sebagai Menlu sejak Mei 2018 lalu.

Pengunduran Mnatsakanyan berlangsung ketika pemerintahan PM Nikol Pashinyan mendapat kritikan dan kecaman karena menyepakati gencatan senjata dengan Azerbaijan pada 10 November lalu.

Gencatan senjata itu disepakati setelah konflik terbuka antara tentara kedua negara berlangsung di Nagorno-Karabakh selama 6 pekan. Langkah itu dinilai menguntungkan pihak Azerbaijan.

Sebab, dalam kesepakatan gencatan senjata itu, pasukan Armenia diharuskan mundur dari wilayah konflik. Para penduduk sipil Armenia lantas memutuskan membakar rumah mereka yang kini berada di tangan Azerbaijan.

Dikutip Arab News, ribuan orang menggelar demo memprotes gencatan senjata, dan menuntut Pashinyan mundur pada pekan lalu.

Demo juga berlanjut pada Senin (16/11), di mana ratusan demonstran berunjuk rasa di Freedom Square, Ibu Kota Yerevan.

Gencatan senjata kedua negara itu ditengahi Rusia. Dalam kesepakatan, kedua negara setuju menghentikan aksi militer di kawasan Nagorno-Karabakh, sebuah wilayah yang diakui secara internasional bagian dari teritorial Azerbaijan.

Sebanyak 2.000 pasukan perdamaian Rusia telah dikerahkan ke Nagorno-Karabakh untuk memantau gencatan senjata. Sedangkan Turki yang merupakan sekutu Azerbaijan juga berencana mengirimkan pasukan untuk mengawasi proses gencatan senjata. (cnn)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved