Breaking News:

Berita Wonogiri

Aplikasi Pelayanan Publik Polres Wonogiri Dapat Penghargaan Tingkat Nasional

Program aplikasi berbasis teknologi Yanpatdu milik Polres Wonogiri mendapat apresiasi dan penghargaan tingkat nasional dari Leprid.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Daniel Ari Purnomo
Istimewa
Kapolres Wonogiri, AKBP Christian Tobing saat menerima penghargaan dari Leprid di Mapolres Wonogiri, Jumat (20/11/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, WONOGIRI - Program aplikasi berbasis teknologi Yanpatdu milik Polres Wonogiri mendapat apresiasi dan penghargaan tingkat nasional dari Lembaga Prestasi Indonesia dan Dunia (Leprid).

Penghargaan itu diberikan oleh Ketua Leprid, Paulus Pangka kepada Kapolres Wonogiri, AKBP Christian Tobing di Mapolres Wonogiri, Jumat (20/11/2020).

“Penghargaan diterima sebagai buah dari kerja keras dan semangat anggota yang telah berjibaku mengorbankan waktu guna memberikan pelayanan kepada masyarakat, semangat integritas dan pelayanan terpatri di dalam dada agar tetap dijaga ditingkatan dan dievaluasi,” kata Kapolres Wonogiri saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (20/11/2020). 

Kapolres menuturkan, integritas harus selalu dijaga dalam membangun perilaku anti KKN, gratifikasi dan pungli. Lanjutnya, begitu juga sinergitas dan kerja sama dalam membangun citra positif serta evaluasi jika ada hal negatif dari personel ketika bertugas di lapangan. 

AKBP Christian Tobing menceritakan, ide pembuatan aplikasi Yanpatdu bermula dari scanning pelayanan yang diberikan oleh jajaran Polres Wonogiri kepada masyarakat. Dengan luasnya wilayah di Kabupaten Wonogiri, apa inovasi atau terobosan yang dapat meningkatkan pelayanan. 

"Kita lihat kira-kira apa inovasi atau terobosan yang harus kita buat dalam rangka mempermudah dan mengefektifkan pelayanan. Karena wilayah Wonogiri yang cukup luas seperti di Puhpelem yang merupakan daerah perbatasan (Magetan). Menggunakan aplikasi itu lebih awal, ketika datang ke polres kan data base sudah masuk ke sistem. Jadi lebih efektif," jelasnya. 

Aplikasi Yanpatdu dapat diunduh melalui playstore secara gratis. Lanjutnya, di sisi lain, anggota Bhabinkamtibmas juga terjun langsung ke masyarakat dalam menyosialisasikan inovasi itu baik ke desa, kantor desa maupun ke lingkup pendidikan secara virtual. 

Dia mengungkapkan, dengan adanya aplikasi itu indeks kepuasan masyarakat mengalami peningkatan. Setelah memanfaatkan aplikasi tersebut, masyarakat diminta untuk mengisi indek kepuasan secara elektronik. Dari sekian pelayanan yang ada di aplikasi Yanpatdu ada beberapa pelayanan yang sering digunakan oleh masyarakat. Seperti perpanjangan atau pembuatan SKCK, laporan pengaduan, SIM, delivery order dan tombol darurat. 

"Tombol darurat digunakan apabila ada gangguan kamtibmas. Pelayanan SKCK itu mempermudah dan mempercepat bagi usia produktif dalam melengkapi persyaratan  untuk dapat bekerja. Saat ini Covid-19, untuk menghindari kontak, dapat menggunakan transaksi uang elektronik tentu sesuai aturan biaya yang sudah ditentukan, baik itu pelayanan SKCK dan SIM," terang Kapolres Wonogiri. 

Menurutnya, dengan adanya penghargaan ini tentu merupakan penyemangat dan pendorong bagi anggota untuk terus menerus mengevaluasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Wonogiri. Mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi virus Covid-19, dia mengimbau kepada masyarakat supaya tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Sementara, Ketua Leprid, Paulus Pangka menjelaskan, Leprid hadir di Polres dalam rangka mengapresiasi dalam keberhasilan memberi pelayanan yang apik kepada masyarakat.

“Rekor berdasar penelusuran , kami telah memberikan 4.000 rekor di seluruh Indonesia, rekor Polres dengan pelayanan publik melalui fitur aplikasi terbanyak di Indonesia sebanyak 25 aplikasi, di tempat lain cuma ada 12 aplikasi,” ucapnya.

Dia menceritakan, pihaknya melakukan Tour de Borobudur bersama Kapolda Jawa Tengah dengan tour seri terbanyak di Indonesia yakni 21 seri.

“Pagi ini kami di perbatasan Jawa Timur tepatnya di Polres Wonogiri, ternyata ada inovasi yang luar biasa yang bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya. (Ais). 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved