Breaking News:

KPU Demak

KPU Demak Gelar Lomba Mural, Sampaikan Pesan Pemilu Sehat Melalui Gambar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Demak menyelenggarakan lomba mural dengan tema Pilbup Demak Sehat, Semua Selamat.

IST
Siti Ulfaati selaku Divisi Partisipasi Masyarakat, SDM, Kampanye KPU Demak mengungkapkan sebanyak 19.854 Badan Ad Hoc yang terdiri dari 15.442 KPPS dan 4.412 Petugas Ketertiban TPS menjalani rapid test. 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Demak menyelenggarakan lomba mural dengan tema Pilbup Demak Sehat, Semua Selamat.

Komisioner KPU Demak Divisi Partisipasi Masyarakat, SDM, dan Kampanye, Siti Ulfaati mengatakan, lomba ini  akan berlangsung di Kantor KPU Demak, di Jalan Kyai Turmudzi, Nomor 1, Demak.

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menyosialisakan pelaksanaan Pilbup Demak 2020 yang diselenggarakan di masa Pandemi Covid-19.  Dengan prinsip mengutamakan kesehatan dan keselamatan penyelenggara, peserta, pemilih dan masyarakat Demak.

Selain itu, ujar dia, tujuan dari lomba mural ini adalah untuk mengajak pegiat seni rupa atau seniman mural di Demak untuk turut ambil bagian dalam memberikan edukasi terkait Pilbup Demak Sehat melalui gambar.

Dia menyampaikan, menyampaikan melalui seni lukis atau gambar di tembok diharapkan pesan terkait Pibup Demak Sehat ini bisa tersampaikan ke masyarakat, sehingga masyarakat merasa aman ketika hendak menggunakan hak pilihnya.

“Dalam menampilkan karya peserta dilarang menampilkan materi ajakan kampanye, sara, Pornografi, logo parpol, dan ujaran kebencian." 

"Selain itu gambar sketsa merupakan karya orisinil dan pernah diaplikasikan ke media apapun," kata perempuan akrab dipanggil Ulfa ini kepada Tribunjateng.com, Kamis, (19/11/2020).

Dia menjelaskan, peserta lomba terdiri dari dari 2 orang untuk setiap tim dan sketsa berwarna manual atau digital dikirimkan ke panitia untuk diambil 8 terbaik yang akan mengikuti technical meeting pada 20 November 2020,  dan melukis secara langsung di tembok KPU Demak pada 21 November 2020.

“Jumlah pendaftar sampai 18 November 2020 ada 20 tim, dan sudah ada 8 tim yang menurut dewan juri layak untuk melaju ke tahap selanjutnya. Kedelapan peserta tersebut 3 di antaranya akan ditetapkan sebagai juara 1, 2, 3 dan 5 lainnya sebagai juara harapan 1, 2, 3, 4 dan 5. 

"Selain itu kita juga sudah siapkan piala, piagam dan suvenir menarik untuk semua peserta," bebernya.

Ulfa mengakui total hadiah ini tidak besar, tetapi dia berharap lomba mural ini bisa menyemarakkan pesta demoktasi.

"Kami sebagai penyelenggra Pilbup Demak 2020 sudah berupaya semaksimal mungkin dalam menyambut tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Tentunya dengan selalu mematuhi dan menerapkan Protokol Covid-19 agar masyarakat merasa aman," tandasnya. (*)

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved