Breaking News:

Berita Semarang

Surat Suara untuk Pilwakot Semarang 2020 Tiba di Gudang KPU, Nanda: Kami Sudah Sortir Lipat

Surat suara untuk Pilwakot Semarang 2020 telah tiba di gudang KPU Kota Semarang, Jumat (20/11/2020).

Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom bersama Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Auliansyah Lubis dan Bawaslu, Nining Susanti melakukan ceremonial penyerahan surat suara untuk pemilihan calon Walikota dan Wakil Walikota Semarang 2020 mulai tiba di Gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Jalan Ronggolawe, Jumat (20/11/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Surat suara untuk pesta demokrasi Pilwakot Semarang 2020 telah tiba di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Jumat (20/11/2020).

Pembukaan segel armada yang membawa surat suara dilakukan oleh Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom dan disaksikan oleh Pjs Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Auliansyah Lubis, dan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang, Nining Susanti.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom menyebutkan, ada 1.205.124 surat suara yang disediakan untuk pesta demokrasi pada 9 Desember nanti. Dia juga menyiapkan 2.000 surat suara cadangan untuk mengantisipasi adanya pemungutan suara ulang (PSU).

Surat suara yang tiba di gedung KPU sudah dalam kondisi tersortir dan terlipat. Proses sortir lipat memang dilakukan di Kudus dimana surat suara tersebut diproduksi. Pertimbanggannya, KPU tidak ingin terjadi kerumunan massa apabila proses sortir lipat dilakukan di gudang KPU. Di sisi lain, proses penggantian surat suara yang rusak juga cepat karena sortir lipat dilakukan dekat tempat produksi.

"Kami sudah sortir lipat. Kami lakukan di sana karena pertimbangan protokol Covid-19. Penggantian terhadap yang rusak juga cepat. Surat suara yang rusak sudah kami lakukan proses pemusnahan disaksikan oleh Bawaslu," jelas Nanda, sapaannya.

Selanjutnya, sambung Nanda, surat suara akan disimpan terlebihdahulu di gudang KPU lantai dua sembari menunggu logistik lain yang belum tiba di gudang KPU. Logsitik yang belum tiba yaitu templet, sampul, kantong plastik, dan formulir.

"Logistik sudah 80 persen. Tinggal menunggu beberapa logistik yang belum datang," katanya.

Lebih lanjut, Nanda menambahkan, KPU juga tengah melakukan proses perakitan kotak suara di gudang KPU. Ada 3.608 kotak suara yang harus disiapkan. Saat ini, perakitan sudah berjalan 50 persen.

"Kotak suara sudah jalan hampir separo," ucapnya.

Rencananya, kotak suara beserta surat suara dan logistik lain yang masuk dalam kotak suara akan didistribusikan ke masing-masing kecamatan pada awal Desember. Nanda tidak ingin logistik terlalu lama di kecamatan yang nantinya dapat berpotensi terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. (*)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved