Breaking News:

Hujan Lebat Iringi Pemakaman Ricky Yacobi, Selamat Jalan Sang Legenda

Mereka turun satu per satu dengan menggunakan payung. Begitu pun awak media yang merekam prosesi pemakaman sang legenda sepakbola Indonesia.

kompas.com/Dok. Tim Medan Selection
SELAMAT JALAN RICKY - Legenda timnas Indonesia, Ricky Yacob (oranye), sempat mencetak gol sebelum terjatuh dan terkena serangan jantung pada ajang Trofeo Medan Selection di Lapangan A Senayan, Jakarta, 21 November 2020. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Jenazah Ricky Yacobi (57) makamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, balad 182, Jakarta Selatan, Sabtu (21/11) sore. Tiba sekira pukul 15.40 WIB, cuaca di TPU Tanah Kusir tengah turun hujan lebat.Turunnya hujan tak membuat para peziarah baik keluarga, sanak saudara hingga kerabatnya yang telah hadir di area tersebut untuk mendekat ke pusara.

Mereka turun satu per satu dengan menggunakan payung. Begitu pun awak media yang merekam prosesi pemakaman sang legenda sepakbola Indonesia.Saat jenazah diturunkan ke liang lahat, isak tangis terdengar sayup-sayup di tengah suara air hujan yang tetap turun.Para peziara tampak khidmat mengikuti prosesi ini. Ucapan doa pun mereka lafalkan bersama begitu sang pemuka agama memimpin doa.

Ricky Yacobi menghembuskan nafas terakhir usai bermain fun football trofeo Medan Selection di Lapangan A Gelora Bung Karno, Senayan Sabtu pagi kemarin.Usai mencetak gol, Ricky Yacobi pun terjatuh akibat serangan jantung. Setelah itu, dirinya dilarikan ke Rumah Sakit Mintoharjo.Namun sayang, pesepakbola yang pernah membawa Indonesia meraih medali emas SEA Games 1987 itu tak tertolong.

Bermain sekira 10 menitan di pertandingan kedua, Ricky bahkan mencetak gol dan sempat merayakan selebrasi bahkan, menerima pelukan dari rekan setimnya. Tiba-tiba ia tersungkur dan tak sadarkan diri. Penyakit jantungnya diduga kuat kambuh.Saat itu, Jimmy Napitupulu, mantan wasit Indonesia langsung mengambil tabung oksigen mini yang selalu ia bawa dan langsung menolong Ricky. Sempat tersadar, Ricky lantas dibawa ke RSAL Mintoharjo dengan mobil pribadi. Hal ini dilakukan karena terlalu lama menanti ambulance. Di dalam mobil tersebut berisikan Jimmy R Tambunan yang juga seorang dokter, serta Lukman Dulhakim tim fisioterapis. Kondisi Ricky masih tersadar.

Tak berselang lama tiba di rumah sakit, mereka tiba di rumah sakit."Beliau masih dipangkuan saya saat tiba. Tapi kami tak mendapatkan pertolongan pertama. Kami mencari tabung oksigen. Tapi tidak ketemu, itu ruangan pertama. Kami berpindah ke ruangan kedua," aku Lukman.

"Kami mencoba secepat mungkin. Karena sekarang semua prosedur Covid, jadi kami urus administrasi dulu, namun penanganan pertama tidak terlihat. Kami sempat marah, karena kondisi sudah darurat dan beliau bukan terkena Covid," cerita lukman.

Hampir sekira 10 hingga 15 menitan, barulah Ricky dibawa ke IGD Covid. Tapi semua telah terlambat. Ricky dinyatakan meninggal dunia."Kalau saja di awal langsung ditangani mungkin tidak seperti ini. Kami sempat marah, tapi itulah prosedur Covid. Padahal kondisi darurat. Kami yakin saat itu masih bisa diselamatkan, jika pertolongan cepat," tambah Lukman.

Lukman sendiri mengatakan hanya dari hitungan sejak kejadian hingga Ricky Yacobi dinyatakan meninggal, sekitar 40 menitan.Vennard Hutabarat rekan almarhum yang lain tak menyangka sosok Ricky Yacobi yang telah dianggap olehnya sebagai abang sendiri berpulang kepangkuan yang kuasa.

"Bang Ricky tiba lebih awal di lapangan. Mungkin jam 4 atau jam 5 beliau sudah berangkat dari rumah. Tapi kondisinya baik-baik saja," cerita Vennard.

Vennard menghampiri dan seperti biasanya, memberikan ucapan selamat serta memeluk Ricky."Saat saya peluk, saya melihat bola mata bang Ricky udah berubah, tidak normal lagi, seperti memutih. Tiba-tiba beliau jatuh, disitu saya langsung panggil yang lain. Saat pertolongan pertama, saya udah tidak sanggup melihat. Saya menangis karena situasi yang sama pernah saya lihat," aku Vennard.

Halaman
12
Editor: rustam aji
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved