Breaking News:

Mom N Kid

Anak-anak Main Air Hujan, Boleh Kah? Ini Kata Dokter Anak

Tidak sepenuhnya salah apabila bermain hujan-hujanan memiliki beragam manfaat.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Indonesia adalah negara yang hanya memiliki dua musim saja, yakni musim hujan dan kemarau. Masing-masing dari musim tersebut memiliki risiko dan keuntungan yang berbeda.

Dokter Kesehatan Anak, dr R Rochmanadji SpA (K) MARS, mengatakan,  kita harus akui kebanyakan anak-anak memang suka bermain saat hujan-hujanan. Namun, hal yang harus dihindari anak-anak sebenarnya adalah hujan di masa pancaroba.

Hal seperti ini lah yang dapat memicu jatuh sakit kepada anak kecil khususnya. Misalkan, paling sering adalah batuk dan pilek. Kalau batuk dan pileknya dikarenakan alergi masih mudah untuk hilang. Misalnya alergi dingin. Tapi, jika sampai disertai infeksi, akhirnya bisa sampai ke radang paru dan sebagainya. 

Yang penting di saat musim penghujan, anak jangan sering-sering dibiarkan bermain hujan-hujanan. Sebab, tidak hanya air yang mengenai si kecil, melainkan juga ada angin, debu, dan bahkan lumpur. Hal-hal tersebut bisa saja memicu penyakit kepada si kecil.

Bermain hujan-hujanan sebenarnya lebih menitikberatkan pada batasan yang diterapkan orangtua ke anak. Maka, sebaiknya, si kecil jangan dibiarkan bermain hujan-hujanan begitu saja jika kondisinya disertai angin kencang. Kemudian kian berbahaya jika sang buah hati ditambah bermain lumpur karena dapat beresiko ke saluran pencernaan dan pernafasan. Contohnya, si anak jadi mengalami diare dan muntah-muntah apabila gangguannya terhadap sistem pencernaan. Sedangkan pada sistem pernafasan yakni, sesak nafas, batuk, dan pilek.

Semua itu adalah gejala umum yang biasa dijumpai apabila anak sering bermain hujan-hujanan. Infeksi sangat dimungkinkan ada dari air hujan itu sendiri, maupun lumpur jika si kecil bermain tanah. Hal ini semakin diperparah jika si kecil langsung memegang dan melahap makanan tanpa mencuci tangannya terlebih dahulu. 

Tidak sepenuhnya salah apabila bermain hujan-hujanan memiliki beragam manfaat. Semisal untuk meningkatkan daya adaptasi anak terhadap perubahan suhu maupun menciptakan kekebalan imun (daya tahan). Namun dikhawatirkannya, anak jadi dibiarkan oleh orangtuanya apabila sedang bermain air hujan. Maka lebih baik, anak dibatasi saja. Jangan sampai kebablasan. (*)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: moh anhar
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved