Breaking News:

Berita Demak

Kebut Perekaman KTP-el untuk Pemilih Pilkada, Demak Dapat Apreasiasi dari Mendagri

Mendagri Tito Karnavian mengapresiasi Pemkab Demak dan KPU Demak yang terus melakukan perekaman KTP-el.

Istimewa
Jajaran Dindukcapil Demak, Bawaslu Demak, KPU Demak saat mengikuti rapat virtual dengan Mendagri Tito Karnavian terkait perekaman KTP-el bagi warga yang terdaftar pemilih tapi belum melakukan perekaman, Selasa, (24/11/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengapresiasi Pemkab Demak dan KPU Demak yang terus melakukan perekaman KTP-el bagi orang terdaftar sebagai pemilih.

Dia menyebut, dari 25 kota atau kabupaten se-Indonesia, dalam hal pelaksanaan rekam KTP-el jelan Pilkada, Demak masuk 20 besar kota atau kabupaten terbaik.

Tito juga mengimbau kepada dukcapil seluruh Indonesia agar melakukan pelayanan perekaman KTP-el dengan masif dan baik. Yang memberikan pelayanan secara baik, kata dia, akan ada reward tersendiri buat kepala dinas dukcapil yg mampu menuntaskan perekaman ini.

"Menuju 9 Des 2020 terkait proses perekaman KTP-el ini sangat potensi terjadi kerumunan di kantor dukcapil atau kantor perekaman kecamatan," kata Tito dalam rapat virtu dengan jajaran KPU di seluruh Indonesia, Selasa, (24/11/2020).

Untuk itu, ujar Titi, dia mengimbau kepada  salpol PP untuk ikut melakukan monitoring keliling dan apabila terjadi kerumunan diminta ikut  mengatur sesuai dengan  protokol kesehatan covid 19.

Divisi Informasi dan Perencanaan Data KPU Demak, Nur Hidayah mengatakan hasil ini cukup membanggakan atas sinergifitas antara KPU Demak dengan jajaran pemerintah daerah dalam hal ini dukcapil Demak, camat dan kepala desa/lurah Sekab demak. Tak kalah hebatnya, imbuhnya, adalah semua PPK dan PPS di Demak yang ikut berkontribusi besar dalam membantu perekaman ini.

Selain itu, dia menyampaikan apresiasi kepada kawan-kawan media yang sudah ikut menyuarakan lewat media cetak elektronik dan media online. Suara media cukup memberikan pengaruh yang signifikan.

Menurut Nur Hidayah, ada 16.147 jumlah pemilih yang terdaftar di DPS Pilbup Demak 2020 yang belum rekam KTP-el.

"Per 23 November 2020 menyisakan sejumlah 3.351. Hasil identifikasi dari PPS se-Demak bahwa 3.351 pemilih yang belum rekam KTP-el ini disebabkan pemilih tersebut sedang mondok di pondok pesantren yang kebanyakan adalah masuk dalam kategori pemilih pemula."

"Selain mondok juga ada yg sedang merantau," terangnya kepada Tribunjateng.com.

Dia menyampaikan, sampai saat kini yang sudah rekam KTP-el 849.835 pemilih dari jumlah DPT 852.883. (*)

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved