Breaking News:

Berita Purbalingga

Ruang Isolasi Darurat Covid 19 Dipusatkan di Gedung Eks SMPN 3 Purbalingga

Melonjaknya kasus positif Covid 19 di Kabupaten Purbalingga membuat kamar isolasi di rumah sakit penuh pasien.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo

TRIBUNBANYUMAS. COM, PURBALINGGA - Melonjaknya kasus positif Covid 19 di Kabupaten Purbalingga membuat kamar isolasi di rumah sakit penuh pasien. Sementara Pemerintah Kabupaten Purbalingga masih gencar melakukan tracing dan tes usap terhadap warga yang dicurigai terpapar korona. Angka kasus dengan demikian masih berpotensi terus bertambah.

Agar semua pasien terlayani, Pemkab Purbalingga terus melakukan terobosan. Di antaranya dengan menambah ruang isolasi darurat. Setelah gedung KORPRI disulap jadi ruang isolasi darurat, kini Pemkab menyiapkan gedung Eks SMP Negeri 3 Purbalingga sebagai ruang isolasi darurat penanganan Covid-19. 

Gedung ini akan menampung pasien positif Covid-19 yang sebelumnya menempati gedung isolasi darurat di Puskesmas Gambarsari dan Gedung Korpri Kabupaten Purbalingga.

“Mudah-mudahan dengan isolasi yang disentralkan ke gedung eks SMPN 3 Purbalingga ini bisa memudahkan tenaga medis dan tenaga kesehatan untuk mengawasi pasien secara ketat,” kata Pjs Bupati Purbalingga, Sarwa Pramana saat meninjau kesiapan gedung tersebut, Selasa (24/11/2020).

Ia memastikan Rabu (24/11) gedung eks-SMPN 3 Purbalingga ini sudah siap digunakan dan dilengkapi segala sarana dan prasaranannya. Saat gedung ini sudah digunakan, otomatis gedung isolasi darurat di Puskesmas Gambarsari dan gedung Korpri akan dikosongkan kembali. 

Tetapi jika di kemudian hari jumlah pasien positif covid-19 melonjak kembali dan butuh ruang isolasi lagi, maka gedung Korpri dan Puskesmas Gambarsari akan digunakan kembali untuk menampung pasien. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga drg Hanung Wikantono mengatakan, sarana dan prasarana termasuk tenaga kesehatan di gedung isolasi itu sudah disediakan. Rencanannya, pihaknya akan memberdayakan tenaga kesehatan dari 11 puskesmas rawat inap yang ada untuk perbantukan di gedung isolasi eks SMPN 3 ini. 

Untuk diketahui, terdapat 8 pasien positif Covid-19 Kabupaten Purbalingga yang saat ini dirawat di tempat isolasi darurat Puskesmas Gambarsari  dan 23 orang di gedung Korpri. Sementara gedung eks-SMPN 3 Purbalingga ini diperkirakan mampu menampung sebanyak 94 sampai 100 pasien.

“Saat ini ada 477 pasien positif Covid yang membutuhkan perawatan. Ketika di sini bisa menampung, maka lumayan bisa mengurangi beban Rumah Sakit yang sudah penuh,” katanya.

Ia berharap para pasien positif Covid-19 di Purbalingga bisa segera sembuh. Demikian halnya mereka yang menjalani isolasi mandiri di rumah atau dalam status Orang Tanpa Gejala (OTG) tidak mengalami gejala lebih lanjut/berat. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved