Breaking News:

Ekonomi Digital via E-commerce dan Medsos Terus Catat Tren Positif

Sektor e-commerce mendominasi perolehan ekonomi digital Tanah Air dengan prediksi 32 miliar dollar AS di tahun ini, atau naik 54 persen dari 2019.

Editor: Vito
istimewa
ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) menyebut, tren perkembangan bisnis e-commerce sangat baik dalam beberapa tahun terakhir.

Hal itu selaras dengan laporan riset Google, Temasek, dan Bain Analysis terkait dengan ekonomi digital di Indonesia.

Sektor e-commerce mendominasi perolehan ekonomi digital Tanah Air dengan prediksi sebesar 32 miliar dollar AS di tahun ini, atau naik 54 persen dibandingkan dengan prediksi tahun lalu sebesar 21 miliar dollar AS.

Bima Laga, Ketua Umum idEA, mengamini hasil riset itu. "Melihat perkembangan saat ini, pada dasarnya kami sangat optimistis terhadap perkembangan industri e-commerce ke depan. Belanja online melalui marketplace tak hanya efisien, tapi juga bermanfaat dalam mencegah penularan covid-19," katanya, kepada Kontan, Selasa (24/11).

Namun, menurut dia, yang paling berpengaruh perkembangan industri bukanlah dampak pandemi saja. Indonesia sejatinya memiliki potensi besar dalam industri e-commerce.

"Negara ini punya bonus demografi yang merupakan kelompok usia milenial. Jumlah mereka sangat besar, dan mereka merupakan pasar digital yang sangat potensial," ujarnya.

Bima menuturkan, kepraktisan yang ditawarkan e-commerce dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan hobi mereka, dinilai akan mampu menarik minat generasi milenial itu.

Belum lagi, dia menambahkan, produk yang ditawarkan lewat e-commerce sangat bervariasi yang kerap kali unik. Konsumen juga bisa melewati batas wilayah berbelanja.

"Semua konsumen bisa menjangkau produk yang ditawarkan penjual di pelosok Indonesia. Tak lagi harus ke luar negeri untuk bisa membeli produk-produk mancanegara," paparnya.

Tren kenaikan transaksi e-commerce belakangan ini turut diakui pelaku usaha. Erick Wicaksono, VP of Marketing Bukalapak, sempat menjelaskan, terdapat kenaikan transaksi di Bukalapak sejak Juni lalu sekitar 50 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved