UNS Surakarta

Dua Mahasiswa FMIPA UNS Solo Raih Beasiswa Rp 20 Juta dari L’Oréal

Alhamdulillah sangat bahagia, tidak nyangka juga bisa menang. Karena kan ini diadakan oleh L’Oréal, pasti peminatnya banyak banget

Editor: abduh imanulhaq
IST
Dua mahasiswa FMIPA UNS Solo meraih beasiswa masing-masing Rp 20 juta dari L’Oréal Sorority in Science. 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Dua mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih beasiswa masing-masing Rp 20 juta dari L’Oréal Sorority in Science.

Mereka adalah Amalia dan Nurani Alawiyah, keduanya mahasiswa Program Studi (Prodi) Kimia.

Amalia mengatakan, program beasiswa ini diluncurkan atas kemitraan antara L’Oréal Indonesia dan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kemdikbud, diperuntukkan bagi para mahasiswi di bidang sains guna mendorong bakat-bakat besar cikal bakal perempuan peneliti Indonesia di masa depan.

"Diharapkan melalui program ini para mahasiswi di bidang sains dapat fokus menimba ilmu sebaik-baiknya untuk mewujudkan cita-cita sebagai perempuan peneliti besar yang didambakan," terang Amalia, Sabtu (28/11/2020).

Menurut Amalia, tema sudah ditentukan oleh panitia.

Tahun ini tema tentang kerusakan lingkungan dengan loncatan penyakit dari binatang ke manusia, seperti HIV dan AIDS, flu burung dan kini Covid-19.

Sebagai ilmuwan masa depan para peserta ditantang untuk memberikan solusi pemikiran dan tindakan sebagai solusi dari permasalahan tersebut.

Dengan jeli Amalia dan Nurani Alawiyah menangkap ide tersebut.

Keduanya sama-sama mengangkat tema Covid-19.

Amalia memberikan solusi dengan Masker Anti Mikroba Nanofiber Menggunakan Karbon Aktif Dari Limbah Sekam Padi dan Ekstrak Kayu Manis Sebagai Solusi Perlindungan dari Paparan Virus Covid-19.

Nurani Alawiyah memberi solusi dengan Inovasi Pelapis Antivirus Berbasis Selulosa dari Limbah TKKS (Tandan Kosong Kelapa Sawit) Sebagai Pencegah Penyebaran Covid-19.

Baik Amalia mapun Nurani awalnya tidak menyangka akan memenangkan beasiswa ini, mengingat jumlah peserta yang tidak sedikit dan berasal dari berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Ada lebih dari 85 peserta yang ikut berpartisipasi dalam program ini.

“Jujur awalnya tidak percaya, kirain cuma sebagai finalis aja. Alhamdulillah bersyukur banget sama Allah. So unbelievable and thankful,” ujar Amalia.

Senada dengan Amalia, Nurani juga awalnya tidak menyangka bisa menjadi pemenang.

“Alhamdulillah sangat bahagia, tidak nyangka juga bisa menang. Karena kan ini diadakan oleh L’Oréal, pasti peminatnya banyak banget," ungkap Nurani penuh bahagia. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved