Breaking News:

Berita Semarang

Terima Kunker DPR RI, Tavip Tegaskan Pemkot dan KPU Kota Semarang Siap Gelar Pilkada

Pemerintah Kota Semarang, Senin (30/11) menerima kunjungan kerja Komisi II DPR RI di Balaikota Semarang.

Istimewa
Pemerintah Kota Semarang, Senin (30/11) menerima kunjungan kerja Komisi II DPR RI di Balaikota Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang, Senin (30/11) menerima kunjungan kerja Komisi II DPR RI di Balaikota Semarang.

Adapun kunjungan kerja DPR RI tersebut adalah dalam rangka menyerap aspirasi dari penyelenggara Pemerintahan Kota Semarang khususnya terkait persiapan penyelenggaraan Pilkada di tengah pandemi Covid-19.

Menerima langsung kunker anggota DPR tersebut, Penjabat sementara (Pjs) wali kota Semarang, Tavip Supriyanto menuturkan bahwa secara garis besar Pemerintah Kota Semarang dan KPU Kota Semarang siap menyelenggarakan Pemilihan wali kota dan wakil wali kota Semarang di tengah pandemi Covid-19.

Meski demikian, menurutnya terdapat sejumlah variabel yang perlu mendapat perhatian sehingga warga kota Semarang merasa nyaman dan aman saat menyalurkan hak pilihnya 9 Desember mendatang.

Kepada rombongan DPR RI, Tavip juga menerangkan jika simulasi Pemilu beserta penghitungan suara di era pandemi juga telah dilakukan Pemerintah Kota Semarang bersama dengan KPU.

“Melalui simulasi ini, Kami ingin memastikan jika semua stakeholder dan panitia penyelenggara Pemilu taat terhadap protokol kesehatan dan menghindari adanya kerumunan yang berisiko memunculkan klaster baru penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Tavip juga menceritakan sejumlah program yang telah dikerjakan pihaknya demi memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Semarang.

Mulai dari tracing ketat terhadap kasus positif dan suspek serta operasi yustisi gabungan yang dilakukan oleh Satpol PP bersama TNI dan POLRI, Lurah, Camat dan elemen Puskesmas/DKK dalam mensosialisasikan protokol kesehatan seperti pemakaian masker, cuci tangan secara rutin dan menjaga jarak.

"Warga pun kami ajak untuk turut berperan dalam menggerakkan kampanye protokol kesehatan dan meningkatkan kesadaran untuk memutus penyebaran virus.

Termasuk melalui Program Kampung Siaga Candi Hebat yang baru saja meraih penghargaan Indonesia Healthcare Innovation Award-IV 2020 untuk Gold Award Kategori Germas dengan Inovasi "Kampung Siaga Candi Hebat".

Selain itu, Pemerintah Kota Semarang juga mendapatkan Platinum Award Kategori IT Kesehatan dengan Inovasi "Lawan Covid-19 Harus Strong", yang nantinya diharapkan menjadi semangat Kota Semarang dalam melawan pandemik Covid-19," pungkas Tavip.

Sementara itu ketua rombongan Komisi II DPR RI, Saan Mustopa mengungkapkan rasa optimisnya terhadap kelancaran penyelenggaraan Pilkada di kota Semarang.

“Saya optimis Pilkada 9 Desember mendatang di Kota Semarang tidak akan memunculkan kluster baru penyebaran Covid-19, karena semua telah dipersiapkan secara maksimal, baik dari segi penanganan oleh Pemkot Semarang maupun dari penerapan protokol kesehatan yang sangat memadai,” tutur Mustopa.(*)

Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved