Penanganan Corona

Kasus Covid-19 Melonjak di Jateng, Tempat Tidur Isolasi dan ICU di Beberapa Daerah Hampir Penuh

Banyak faktor yang mempengaruhi naiknya kasus orang yang terpapar corona, antara lain imbas dari mobilitas masyarakat ketika libur panjang

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: muslimah
Istimewa
Gubernur Ganjar keluar dari ruang pemeriksaan di RSUD Tugurejo Semarang 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Dalam beberapa hari terakhir ini, kasus pasien positif Covid-19 melonjak di Provinsi Jawa Tengah.

Banyak faktor yang mempengaruhi naiknya kasus orang yang terpapar corona, antara lain imbas dari mobilitas masyarakat ketika libur panjang.

Berdasarkan data yang diperoleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah, rumah sakit yang hampir penuh berada di Kabupaten Purbalingga, Banyumas, dan Kota Semarang.

Terdapat kenaikan keterisian rumah sakit di wilayah Banyumas dan sekitarnya.

"Catatan kami di wilayah eks-Karesidenan Banyumas (kasusnya) meningkat.

Kemarin rumah sakit di Semarang seperti Tugurejo juga hampir penuh," kata Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo, Selasa (1/12/2020).

Meskipun demikian, kata dia, ada beberapa rumah sakit yang keterisiannya masih kosong di beberapa daerah.

Secara umum, hingga pekan kemarin tempat tidur isolasi di Jateng sebanyak 5.124 terpakai 3.889 atau tingkat keterisian sekitar 75 persen. Jadi, tersedia sebanyak 1.235 unit tempat tidur isolasi.

Sementara, untuk tempat tidur ICU, terpakai 253 atau 62 persen. Yang tersedia sebanyak 149 unit.

"Itu rata- rata di Jateng. Memang ada yang hampir 100 persen (tingkat keterisian). Tapi ada juga yang kosong," jelasnya.

Menyikapi hal ini, pihaknya meminta rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Jateng untuk segera menambah jumlah tempat tidur baik isolasi atau ICU.

Hingga pekan kemarin, dari beberapa rumah sakit rujukan melaporkan inventarisir penambahan tempat tidur isolasi sebanyak 508 dan penampahan tempat tidur ICU sebanyak 68. Angka penambahan akan terus bertambah.

"Semoga jumlah kasus yang perlu perawatan tidak bertambah banyak," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan sejumlah rumah sakit lainnya terus berupaya menambah tempat isolasi yang cukup banyak. Seperti yang dilakukan RSUD Dr Moewardi Solo dan RS Bung Karno Solo yang dinilai masih aman untuk menampung pasien covid.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved