Breaking News:

Berita Ungaran

Lakukan Aksi di Kabupaten Semarang, Sindikat Pencurian Mobil Boks Ini Dibekuk Polisi

Sindikat pelaku tindak pidana spesialis pencurian mobil boks berhasil dibekuk jajaran Satreskrim Polres Semarang.

Tribun Jateng//M NAFIUL HARIS
Kapolres Semarang AKBP Ari Wibowo menunjukkan barang bukti hasil pencurian dalam gelar perkara di Mapolres Semarang, Selasa (1/12/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Sindikat pelaku tindak pidana spesialis pencurian mobil boks berhasil dibekuk jajaran Satreskrim Polres Semarang.

Kapolres Semarang AKBP Ari Wibow

Gelar perkara kasus spesialis pencurian mobil boks di Mapolres Semarang, Selasa (1/12/2020).
Gelar perkara kasus spesialis pencurian mobil boks di Mapolres Semarang, Selasa (1/12/2020). (TRIBUNJATENG.COM/M NAFIUL HARIS)

dalam gelar perkara mengatakan para tersangka antara lain Gunadi alias Edi Kobra (41) warga Jalan Ayam RT 26/ RW 12, Kelurahan Ringmulyo, Kecamatan Ringmulyo, Kota Metro Lampung Timur.

Kemudian Edy Prasetyo alias Edi Kancil (38) warga Perum Mijen Permai RT 4/RW 7, Kelurahan Mijen, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

"Selanjutnya dua tersangka lain yakni Teguh Triyadi warga Kabupaten Kendal dan Adi Suyono warga Kota Semarang ditahan di Polres Magelang," terangnya dalam gelar perkara di Mapolres Semarang, Selasa (1/12/2020)

AKBP Wibowo menyatakan para tersangka merupakan sindikat spesialis pencurian mobil boks yang telah melakukan aksi pada sejumlah daerah diantaranya Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Temanggung, dan Magelang.

Ia menambahkan, penangkapan tersangka bermula dari laporan Nasrullah warga Dusun Krajan, RT 1/RW 1, Kelurahan Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang yang kehilangan mobil boks saat diparkir di halaman rumahnya pada 28 Oktober 2020.

"Para tersangka ini ada yang berperan sebagai pemetik. Kemudian pengemudi sarana, dan pembawa hasil curian. Kepada tersangka dikenakan pasal 363 KUHAPidana atas tuduhan pencurian dengan pemberatan ancaman hukuman penjara maksimal 7 tahun," katanya

Tersangka Gunadi (41) mengaku baru melakukan aksi pencurian pada wilayah hukum Kabupaten Semarang baru sekali.

Mobil boks dipilih karena mudah dalam menjualnya. Dalam beraksi dia membobol kendaraan menggunakan kunci Y untuk merusak pintu.

"Mobil bukan pesanan tetapi karena gampang menjualnya. Biasanya diangka Rp 30 juta," ujarnya 

Pemilik mobil boks tipe L300 dengan plat nomor K 1737 RN, Rudy Hartono (65) warga Kota Semarang menyatakan mobil miliknya rencananya akan melakukan pengiriman barang ke Yogyakarta.

"Ini sudah kejadian ketiga kalinya. Itu mobil dibawa sopir (pelapor) dirumahnya rencana pukul 4 pagi mau ke Yogyakarta kirim barang. Tetapi saat keluar rumah mobil hilang, kemudian saya cek lewat GPS sudah berada di Jalan Raya Semarang-Solo," tandasnya

Selain mengamankan para tersangka polisi juga menyita barang bukti 1 buah kunci letter Y beserta mobil Kijang berplat nomor H 1165 QG yang digunakan pelaku. Sedang mobil boks tipe L300 warna hitam langsung diserahkan kepada pemilik. (*)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved