Breaking News:

Berita Karanganyar

Puskesmas di Karanganyar Sudah Lakukan Pendataan Sasaran Penerima Vaksin Covid-19

DKK Karanganyar melalui masing-masing puskesmas sudah melakukan pendataan terkait sasaran penerima vaksin Covid-19.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Agus Iswadi
Plt Kepala DKK Karanganyar, Purwati 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar melalui masing-masing puskesmas sudah melakukan pendataan terkait sasaran penerima vaksin Covid-19.

Plt Kepala DKK Karanganyar, Purwati menyampaikan, saat ini masih proses pendataan sasaran penerima vaksin Covid-19 di 17 puskesmas yang ada di Kabupaten Karanganyar.

Sesuai arahan dari pemerintah pusat, kelompok nakes, petugas pelayanan publik serta TNI-Polri  menjadi prioritas penerima vaksin Covid-19. Pendataan dilakukan oleh bidan desa yang ada di masing-masing puskesmas.

"Ini masih mendata sasaran. Usia 18 tahun sampai 59 tahun. Data belum ada yang masuk. Paling tidak bulan ini data sudah masuk," katanya kepada Tribunjateng.com saat ditemui dalam acara peringatan Hari Aids Sedunia, Selasa (1/12/2020).

Dia menjelaskan, sampai saat ini masih menunggu petunjuk dari pusat terkait penyaluran vaksin Covid-19. Lebih lanjut, pihak dinas juga belum mengetahui berapa jumlah vaksin yang diterima.

Kendati demikian, DKK Karanganyar telah melakukan beberapa persiapan. Selain pendataan sasaran penerima vaksin Covid-19, sebelumnya petugas kesehatan di masing-masing puskesmas telah mengikuti pelatihan vaksinator.

"Pelatihan vaksinator sudah. Ada 42 orang. Ada perawat dan dokter," ucapnya.

Terpisah Kepala Puskesmas Tawangmangu, Wahyudi Wibowo menambahkan, pendataan sasaran penerima vaksin Covid-19 sudah dilakukan sejak Oktober 2020. Ada beberapa sasaran, selain petugas nakes juga ada perangkat desa dan kelompok beresiko.

"Ini masih disaring, kan harus konsultasi ke dinas. Ya secepatnya, paling tidak bulan ini sudab selesai (pendataan). Ada petugas puskesmas, perangkat desa, dan yang beresiko," imbuhnya.

Dia mengungkapkan, Puskesmas Tawangmangu juga sudah memiliki alat penyimpananan vaksin Covid-19 berupa kotak pendingin. Mengingat vaksin harus disimpan dengan suhu tertentu berkisar 2 derajat celcius hingga 8 derajat celcius. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved