Breaking News:

Berita Batang

DPRD Batang Dorong Palaku UMKM Mematenkan Produknya

DPRD Kabupaten Batang minta dinas terkait untuk memberikan hak paten ke produk UMKM buatan pengrajin Batang.

Penulis: budi susanto | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Budi Susanto
Warga Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, tengah menyelesaikan membuat keranjang, hasil kerajinan tersebut dijual ke beberapa daerah, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - DPRD Kabupaten Batang minta dinas terkait untuk memberikan hak paten ke produk UMKM buatan pengrajin Batang. 

Hal tersebut dirasa perlu karena lewat hak paten, produk UMKM asli Batang akan terangkat. 

Dikatakan Tofani Dwi Arianto Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Batang, dana yang digunakan dalam pemberian hak paten bisa diambil dari dana bagi hasil cukai tembako. 

"Mungkin tahun depan dinas terkait bisa memberikan fasilitas hak paten ke pelaku industri kreatif asli Batang," jelasnya, Selasa (2/12/2020).

Dilanjutkannya, dengan cara tersebut pelaku UMKM akan terbantu, dan produk mereka terangkat. 

"Beberapa kali saya menemui pelaku UMKM, dan produk mereka sangat luar biasa, contohnya kacamata kayu. Namun produk mereka belum punya hak paten," paparnya. 

Untuk itu, Tofani akan segera berkoordinasi dengan Disperindagkop Kabupaten Batang, guna mengusulkan adanya program hak paten. 

"Jangan sampai produk asli Batang dipatenkan daerah lain, hal itu akan sangat merugikan," ucapnya. 

Lewat pendanaan dari dana bagi hasil cukai tembakau, Tofani manambahkan, pemerintah akan mendanai proses hak paten produk UMKM

"Nantinya 100 persen pengembangan UMKM yang berkaitan dengan hak paten bisa diakses pelaku UMKM secara gratis," tambahnya. (bud) 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved