Breaking News:

Berita Video

Video Desa Jrahi Pati Jadi Desa Wisata Pancasila

Bupati Pati Haryanto secara resmi menetapkan Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal sebagai Desa Wisata Pancasila.

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Berikut ini video Desa Jrahi Pati jadi Desa Wisata Pancasila.

Bupati Pati Haryanto secara resmi menetapkan Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal sebagai Desa Wisata Pancasila. Seremoni peresmian dilaksanakan di kompleks Embung Mini Jrahi, Rabu (2/12/2020).

Desa Jrahi berada di wilayah dataran tinggi, tepatnya di lereng Gunung Muria.  Jrahi merupakan desa keempat yang diresmikan sebagai desa wisata setelah Talun (Kecamatan Kayen), Tunggulsari (Kecamatan Tayu), dan Bageng (Kecamatan Gembong).

Bupati Pati Haryanto mengatakan, penamaan Desa Wisata Pancasila Jrahi dikarenakan di wilayah ini berbagai pemeluk agama hidup berdampingan secara rukun.

Di Desa Jrahi terdapat penganut empat agama, yakni Islam, Kristen, Buddha, dan Hindu. Selain itu, terdapat pula penganut aliran kepercayaan Sapta Darma (Sapto Dharmo). 

“Di desa ini para penganut agama dan kepercayaan tidak pernah berseteru. Satu sama lain saling membantu.  Masyarakat tinggal merawat, mengamankan, dan mengelola, agar desa tetap kondusif,” ungkap dia.

Haryanto menambahkan, Desa Jrahi juga diberkahi dengan panorama alam yang indah dan cuaca sejuk. Beberapa objek wisata alam di Jrahi di antaranya  Embung Mini Jrahi, Air Terjun Grenjengan Sewu, dan Puncak Tanggulangsi.

“Tidak semua desa punya wisata alam seindah ini, dan didukung masyarakatnya yang guyub-rukun. Jadi selain wisata alam, di sini juga wisata religi. Miniatur Indonesia, itu bukanlah khayalan. Tinggal kita merawat bagaimana kelangsungan kehidupan keagamaan maupun pariwisata,” ucap dia.

'Pada kesempatan tersebut, Haryanto juga berpesan agar pengelola desa wisata tetap taat pada protokol kesehatan. Ia menegaskan bahwa pemerintah daerah tidak melonggarkan ketentuan mengenai protokol kesehatan.

Ia juga berpesan pada kepala desa setempat agar memanfaatkan dana desa untuk pengembangan pariwisata dan pemberdayaan masyarakat. Tujuannya tidak lain agar menumbuhkan pendapatan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Desa Jrahi, Miko Adi Setiawan, mengatakan bahwa ke depan pihaknya akan mengembangkan pariwisata setempat dalam berbagai aspek. “Wisata religi ada, wisata alam ada, wisata buatan dan agro juga nanti ada,” kata dia.

Ia menyebut, seluruh aspek kepariwisataan tersebut terintegrasi di Desa Jrahi. Ia mencontohkan, Embung Mini Jrahi yang merupakan wisata alam merupakan sumber pengairan untuk 23 hektare lahan pertanian durian yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai agrowisata.

“Semua bisa. SDM kami juga sudah mumpuni. Masyarakat pun mendukung. Fasilitas juga sudah mumpuni. Ada homestay, gedung pertemuan, gedung serbaguna juga ada,” papar Miko. (*)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE:

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved