Breaking News:

Berita Purbalingga

Angkat Potensi, OPD Pemkab Purbalingga Diminta Aktif Bermedsos

Setiap OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purbalingga memiliki program bagus hingga prestasi yang membanggakan.

Istimewa
Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Purbalingga terima bantuan handphone dari Bank Jateng, Rabu (2/12/2020). 

TRIBUNBANYUMAS. COM, PURBALINGGA - Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purbalingga memiliki program bagus hingga prestasi yang membanggakan. Sayang, hal tersebut kurang ter sosialisasikan secara maksimal. Karenanya, Pjs Bupati Purbalingga Sarwa Pramana ingin mengangkat potensi itu melalui media sosial. Ia meminta setiap OPD untuk aktif mengangkat potensinya masing-masing melalui media sosial agar diketahui masyarakat luas. 

Mimpinya untuk mengangkat Kabupaten Purbalingga melalui media sosial pun menemui titik terang. Ini berkat dukungan Bank Jateng yang bersedia menyumbangkan sejumlah perangkat elektronik atau telepon pintar untuk masing-masing OPD. 

Bank Jateng Cabang Purbalingga menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Purbalingga berupa 65 alat komunikasi handphone (HP) merk Samsung. Bantuan ahkan langsung oleh pimpinan Bank Jateng Cabang Purbalingga Sumardi Aji Prabowo kepada Sekda Wahyu Kontardi,  didampingi Pjs Bupati Sarwa Pramana  di pringgitan Pendopo Dipokusumo, Rabu (02/12).

“Dalam tas ini ada kuitansi masing-masing. Ketika ada kendala dengan HP ini dapat komplain masing-masing, "jelasnya, Rabu (2/12/2020) 

Bantuan HP ini diharapkan bisa memotivasi OPD untuk meningkatkan publikasi di media sosial. Akun media sosial OPD diminta untuk memposting secara aktif sesuai tupoksi. Bantuan HP ini diharapkan mempercepat pelayanan, dan mampu mempromosikan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Purbalingga. Ketika sudah terpromosikan, otomatis akan berimbas pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

“Mimpi saya sederhana, karena pertanian dan obyek wisata di Purbalingga luar biasa, tetapi tidak di-explore secara besar-besaran oleh OPD yang membidangi. Dengan HP yang dipegang OPD akan mempercepat pelayanan dan ter-explore potensi Purbalingga.” ungkapnya

Ia berharap, masing-masing OPD menyadari keberadaan HP merupakan fasilitas negara yang harus dimanfaatkan untuk memposting tupoksi sesuai kewenangan OPD. Sehingga produk-produk UMKM dapat meningkat dari sisi pemasarannya.  

Pelayanan masyarakat juga harus menjadi prioritas, meskipun melalui media sosial. Diakui, Kabupaten Purbalingga selama ini sudah memiliki aplikasi “matur bupati”. Sayangnya aplikasi ini tidak merespon 24 jam keluhan masyarakat.

Setelah akun medsos OPD aktif dan responsif, program selanjutnya adalah penerapan “paperless” dan TNDE (Tata Naskah Dinas Eelektronik). 

“Kalau ini bisa dilakukan bisa lebih baik lagi. sehingga tidak ada penumpukkan berkas di meja pimpinan. Karena ke depan harus dirintis lagi untuk menyediakan server yang cukup untuk dapat membuat TNDE dan paperless,” jelasnya. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved