Breaking News:

Berita Semarang

30 Polisi untuk Pengamanan Pilkada Terdeksi Reaktif, Kabid Humas: Terbanyak Polrestabes Semarang

Pengecekan kesehatan anggota Polri  terus dilakukan menjelang Pilkada serentak di 21 Kabupaten/Kota Jawa Tengah.

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Rahdyan Trijoko Pamungkas
Anggota Kepolisian yang ditugaskan pengamanan Pilkada serentak jalani tes swab antigen di Mapolrestabes Semarang, Kamis (3/12/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pengecekan kesehatan anggota Polri  terus dilakukan menjelang Pilkada serentak di 21 Kabupaten/Kota Jawa Tengah.

Pengecekan kesehatan anggota Polri dilakukan di Mapolrestabes Semarang. Pengecekan yang dilakukan yakni tes swab antigen.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna mengatakan ada sekitar 14.500 personil yang dikerahkan untuk pengaman di Tempat. Pemungutan Suara (TPS). Agar lebih meyakinkan bahwa pesonil yang ditugaskan pengamanan Pilkada, dilakukan tes swab antigen.

"Kami sudah melakukan tes swab antigen dari kemarin hingga sekarang. Dari seluruh jajaran sudah sekitar 4500 anggota kepolisian yang melakukan tes swab," ujarnya, saat meninjau pelaksanaan tes swab antigen di Mapolrestabes Semarang, Kamis (3/12/2020).

Setelah dilakukan pengetesan, kata dia, terdapat 30 personel dari 4500 personel dilakukan tes swab antigen yang ditemukan reaktif. 

"30 orang yang dinyatakan reaktif paling banyak adalah anggota Polrestabes Semarang. Kalau swab yang di Polda ada 10 orang,"jelasnya.

Diterangkannya, terhadap anggotanya yang reaktif tersebut akan segera dilanjutkan dengan tes PCR. 

Kemudian para personelnya diminta untuk melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan masing-masing Kapolresnya.

"Anggota yang menjalani isolasi mandiri diawasi agar betul-betul sehat. Mereka akan dipantau olahraganya, makanan, dan asupan vitaminnya agar saat pengaman TPS betul-betul sehat," tuturnya

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan tracing terhadap anggota. Tes swab tersebut akan terus dilakukan terhadap 14.500 personel yang dikerahkan pengaman Pilkada

"Langkah yang kami lakukan setelah melakukan test swab adalah melakukan tracing terhadap anggota tersebut. Kami juga melakukan treatment dan perawatan terhadap anggota," jelas dia.

Ia menuturkan penggantian personil akan dilakukan apabila anggota yang dinyatakan reaktif belum sehat. Pihaknya telah menyiapkan personel cadangan untuk menggantikan anggota kepolisian yang dinyatakan reaktif.

"Kami siap berapa banyak personel yang akan dicadangkan. Tapi kami akan treatmen 30 personel kami untuk melakukan isolasi mandiri," tukasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved