Breaking News:

Promoter Polda Jateng

Polda Jawa Tengah Siapkan 14.575 Personel Amankan Pilkada 2020, Kapolda: Personel Sudah Swab Antigen

Polda Jawa Tengah siapkan 14.575 personel dalam penyelenggaraan Pilkada 2020 pada 9 Desember 2020. Sebanyak 5.600 merupakan anggota TNI, sementara sis

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: muh radlis
TRIBUN JATENG/MUHAMMAD SHOLEKAN
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi ketika memberikan keterangan kepada wartawan di The Sunan Hotel Solo, Jumat (4/12/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Polda Jawa Tengah siapkan 14.575 personel dalam penyelenggaraan Pilkada 2020 pada 9 Desember 2020. Sebanyak 5.600 merupakan anggota TNI, sementara sisanya adalah anggota Polri.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi menyampaikan untuk wilayah Jawa Tengah, jajaran polres akan diback up sebanyak 516 dari jajaran personel Polda Jawa Tengah.

"Di samping power hand, khususnya Brimob yang mempunyai kualifikasi akan ditempatkan di masing-masing eks karisidenan," ucap Luthfi di Solo, Jumat (4/12/2020).

Dari 14.575 personel, lanjut Luthfi, sudah melakukan tes swab antigen. 

"Tes swab ini dilakukan untuk memberikan kepastian bahwa anggota Polri selama melaksanakan tugas sudah memenuhi standar, bahwa dia sehat," terangnya.

Kapolda menuturkan, pergeseran pasukan (serpas) akan dilakukan H-3. Namun, ada yang H-2 bergantung dari karakteristik wilayah masing-masing.

"Di mana anggota akan langsung menempati Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Jadi di PPK nya nanti untuk menghindari adanya kerumunan anggota," ucapnya.

Dia menyampaikan, anggota serpas nanti akan langsung ditempatkan di PPK dan tidak ada yang di polres.

"Sehingga pengguna dalam hal ini panitia dan pengawas bergabung langsung di wilayah. Di mana anggota ditempatkan," terangnya.

Kapolda mengimbau, masyarakat hendaknya tetap mematuhi protokol kesehatan dan tetap hadir pada 9 Desember 2020.

"Bahwa hak pilih, hak masyarakat, dan hak demokrasi merupakan ketentuan yang harus kita laksanakan," ucapnya.

Oleh karena itu, di tengah kondisi pandemi covid-19 ini, Kapolda mengharapkan kehadiran masyarakat pada tanggal 9 Desember 2020.

"Hal itu dalam rangka menyukseskan Pilkada di wilayah hukum Polda Jawa Tengah," tandasnya. (kan)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved