Korsel Sahkan UU Baru, BTS Tunda Wajib Militer

Revisi UU itu muncul tak lama setelah single BTS 'Dynamite', yang dirilis pada Agustus, menduduki puncak Billboard Hot 100 AS.

Editor: Vito
YOUTUBE
Boy Band BTS 

TRIBUNJATENG.COM, SEOUL - Penggemar K-pop, khususnya para Army, fans boy band BTS, dapat bernapas lega setidaknya untuk beberapa tahun lagi, dengan penundaan BTS untuk melakukan wajib militer.

Fans telah lama khawatir boy band yang bisa dibilang terbesar di dunia itu dapat meredup karirnya akibat mengikuti wajib militer di Korea Selatan (Koresl).

Hampir semua pria berbadan sehat di negara itu diwajibkan untuk bertugas di militer selama 18 bulan pada saat mereka berusia 28 tahun.

Namun, pada Selasa (1/12), parlemen Korsel mengeluarkan undang-undang (UU) yang mengizinkan bintang pop, seperti BTS untuk menunda tugas wajib militer mereka.

Sebelumnya, UU itu mengizinkan pengecualian khusus untuk artis, atlet, dan musisi papan atas, misalnya mereka yang telah memenangkan kompetisi musik klasik, tetapi tidak untuk bintang K-pop papan atas.

Namun, UU yang direvisi sekarang memungkinkan pengecualian bagi mereka yang unggul dalam budaya dan seni populer, menurut pemberitahuan dari Majelis Nasional, seperti dilansir dari CNN, Rabu (2/12).

UU yang direvisi menambahkan kriteria khusus untuk pengecualian akan diputuskan melalui perintah presiden.

Anggota BTS tertua, Jin, berulang tahun ke-28 pada Jumat (4/12). Seandainya RUU itu tidak disahkan, dia harus mendaftar wajib militer pada akhir tahun ini. Sekarang, hukum akan memberinya waktu 2 tahun lagi.

Revisi UU itu muncul tak lama setelah single BTS 'Dynamite', yang dirilis pada Agustus, menduduki puncak Billboard Hot 100 AS, yang menjadikan mereka artis pop Korsel pertama yang meraih debut itu.

Bulan lalu, grup idol itu dinominasikan untuk Grammy Award. Label BTS, Big Hit Entertainment, sebelumnya telah menyatakan, dinas militer adalah tugas yang akan dipenuhi band tersebut. 

Sementara, satu bintang K-pop terbesar di negara itu, G-Dragon, menyelesaikan layanan wajib militernya selama 20 bulan pada tahun lalu, dan meninggalkan markas markas besar tentara dengan meriah. (Kompas.com)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved