Breaking News:

Pilkada Kabupaten Pekalongan 2020

KPU Musnahkan Ribuan Surat Suara Pilkada Kabupaten Pekalongan 2020 yang Rusak

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan memusnahkan 2.343 lembar surat suara yang rusak.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: muh radlis

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan memusnahkan 2.343 lembar surat suara yang rusak.

Pemusnahan surat suara yang rusak ini dilakukan dengan cara dibakar di dalam tong dan disaksikan oleh Bawaslu, Kodim 0710 Pekalongan, Polres Pekalongan, Kejaksaan Kabupaten Pekalongan.

Pemusnahan sebanyak 2.343 suara rusak maupun surat suara kelebihan dilakukan, di Gudang Logistik KPU Kabupaten Pekalongan, tepatnya di New Coral Karanganyar, Minggu (6/12/2020).

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal mengatakan, dari hasil penyortiran petugas terdapat ribuan surat suara yang rusak.

Kerusakan seperti gambar blur, terdapat titik tinta dan ada pula yang sobek.

Oleh karena itu, sesuai ketentuan Peraturan Peraturan Pemilihan Umum (PKPU), maka surat suara rusak atau kelebihan sebelum pelaksanaan dilakukan pemusnahan.

"Sesuai ketentuan PKPU. Surat suara yang tersisa atau rusak itu harus dimusnahkan. Kita musnahkan surat suara yang rusak maupun yang masih bisa digunakan tetapi kelebihan."

"Total sejumlah 2.343 lembar surat suara Dibakar dan disaksikan oleh Bawaslu, Kodim, Polres Pekalongan, dan kejaksaan," kata Abi kepada Tribunjateng.com.

Selain itu juga, KPU mulai melakukan pendistribusian logistik kotak suara dan surat suara ke 2.163 TPS yang tersebar di 19 Kecamatan.

"Hari ini kita mendistribusikan logistik pemilihan bupati dan wakil bupati Pekalongan dari gudang KPU ke PPK atau kecamatan dan setelah sampai ke di kecamatan akan dikirimkan 2.163 TPS," imbuhnya.

Pihaknya mengungkapkan, target distribusi logistik ini selesai dalam satu hari ini selesai.

"Target kita hari ini selesai, tapi melihat kondisi hujan sejak Minggu dini hari sampai sekarang apakah memungkinkan satu hari atau tidak, coba nanti dilihat dulu. Mengingat kondisi hujan," ungkapnya. (Dro)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE : 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved