Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Waspada Hujan Es di Wilayah Jateng, Begini Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini Minggu 6 Desember

Berikut prakiraan cuaca dan peringatan dini di Jawa Tengah hari ini, Minggu (6/12/2020), dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Penulis: Reza Gustav Pradana | Editor: m nur huda
GOOGLE
Ilustrasi hujan es 

TRIBUNJATENG.COM - Berikut prakiraan cuaca dan peringatan dini di Jawa Tengah hari ini, Minggu (6/12/2020), dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Menurut Forecaster BMKG Kelas II Ahmad Yani Semarang Arif Nurhidayat, pada umumnya akan terjadi hujan ringan-sedang yang tersebar merata dengan waktu kejadian yang merata.

Ada juga potensi hujan lebat disertai petir dan diikuti angin kencang di sepanjanh wilayah Pantura pegunungan dan dataran tinggi.

Waspada bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

BMKG dalam laman resminya mengeluarkan peringatan dini adanya potensi hujan lebat.

“Waspada Potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat di wilayah Pegunungan Tengah, sebagian Eks Karesidenan Pati, dan sebagian Pantura,” tulis BMKG.

Suhu udara mencapai 20-31 derajat Celcius.

Kelembaban udara di seluruh wilayah berkisar antara 65 hingga 95 persen.

Sebagai informasi, BMKG sendiri telah mengeluarkan informasi masuknya musim penghujan.

”Diprediksikan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode awal musim hujan mulai akhir bulan Oktober hingga Nopember 2020,” ungkap Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto melalui Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Iis Widya Harmoko kepada Tribunjateng.com, Selasa (22/9/2020).

Ia menambahkan bahwa masyarakat perlu mewaspadai potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung, bahkan fenomena hujan es. (tribunjateng/rez)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved