Breaking News:

Golput Unggul di TPS Bobby, Anak-Menantu Jokowi Menang Versi Quick Count

Hasil quick count Voxpol Center dengan suara masuk 98,57 persen menunjukkan Bobby Nasution- Aulia Rachman mendapat 52,70 persen

TRIBUN SOLO/ILHAM OKTAFIAN
TRIBUN SOLO/ILHAM OKTAFIAN Kolase foto bakal calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (foto kanan) dan bakal calon Wali Kota Medan Bobby Nasution (foto kiri) mendaftarkan diri ke KPUD Daerah masing-masing, Jumat (4/9/3030). Putra dan menantu Presiden Joko Widodo tersebut akan terjun dalam Pilkada di Medan dan Solo yang akan digelar pada Desember 2020 mendatang. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Anak dan menantu Presiden Joko Widodo,  Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution, unggul dalam penghitungan cepat atau quick count Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei.

Di Pilwalkot Solo, pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa unggul telak dengan perolehan suara di atas 80 persen atas lawannya pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo. Hasil quick count yang dilakukan lembaga survei Charta Politika dengan 99 persen suara masuk mencatat, pasangan Gibran-Teguh meraup 87,13 persen, sementara Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) hanya meraih 12,87 persen.

Tak berbeda jauh dengan survei Charta Politika, hasil  quick count yang dilakukan VoxPol Center Research & Consulting mencatat pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa meraih suara 86,65 persen, sementara Bagyo Wahyono dan FX Supardjo meraih 13,34 persen.

Sementara berdasarkan quick count yang dilakukan internal DPC PDIP Solo, Gibran-Teguh meraih 85,14 persen, dan lawan mereka Bagyo Wahyono-FX Supardjo meraih 14,86 persen.

Di Pilwalkot Medan, pasangan calon wali kota dan wali kota Medan Bobby Nasution-Aulia Rachman juga unggul dari pasangan petahana Akhyar Nasution-Salman Alfarisi menurut quick count yang dilakukan oleh sejumlah lembaga.

Hasil penghitungan cepat atau quick count Charta Politika menunjukkan pasangan Bobby-Aulia meraup 55,29 persen, sementara Akhyar-Salman mengantongi 44,71 persen suara. Penghitungan ini didapat dari 100 persen suara yang masuk per pukul 18.43 WIB, Rabu (9/12).

Sementara menurut lembaga survei Indo Barometer, Bobby-Aulia menang dengan perolehan suara 55,26 persen. ”Dari hitungan quick real count yang dilakukan Indo Barometer, diprediksi pasangan Bobby Nasution-Aulia Rahman unggul di Pilkada Kota Medan," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari.

Hasil tak jauh berbeda dicatat lembaga survei Voxpol Center. Hasil quick count Voxpol Center dengan suara masuk 98,57 persen menunjukkan Bobby Nasution- Aulia Rachman mendapat 52,70 persen, sementara Akhyar Nasution-Salman Alfarisi hanya memperoleh 47,29 persen.

Namun meski unggul menurut quick count yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei, dalam Pilwalkot Medan ini pasangan Bobby-Aulia ternyata ’kalah’ suara dari golput alias orang yang tidak memilih di TPS 22 di Komplek Taman Setia Budi Indah Medan Blok VV. TPS itu merupakan tempat Bobby, istri, dan keluarganya mencoblos di Pilkada 2020.

Dari hasil penghitungan suara di di TPS 22 itu, Bobby-Aulia hanya meraih 73 suara.  Jumlah itu bahkan kurang dari separuh surat suara yang tak terpakai, yakni 190.

Halaman
123
Editor: rustam aji
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved