Breaking News:

Pendidikan

Jamu dan Produk Herbal Harus Diangkat Jadi Lebih Berkelas

Perlu upaya produk jamu dan herbal tradisional supaya lebih dikenal, lebih diminati, lancar distribusinya, memiliki developt produk.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: moh anhar
Jamu dan Produk Herbal Harus Diangkat Jadi Lebih Berkelas
Istimewa
Webinar membahas jamu dan produk herbal menjadi lebih berkelas yang diselenggarakan Kelompok 30 KKN Adaptif Pandemika II Unika Soegijapranata, kemarin.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kelompok 30 KKN Adaptif Pandemika II Unika Soegijapranata menggelar webinar berkolaborasi Klaster Jamu Kota Semarang membahas topik "mengangkat jamu dan produk herbal menjadi lebih berkelas".

Webinar yang diselenggarakan melalui zoom tersebut, menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya. Mereka yaitu Donny Bayu Sanjoyo dari Youtap Indonesia.

Kemudian Dr V Kristina Ananingsih selaku Dosen Teknik Pangan Unika Soegijapranata, Yimmy Iskandar yang juga Dosen Entrepreneurship Unika Soegijapranata, dan Dr Chatarina Yekti P sebagai Kepala CSE Unika Soegijapranata.

Dalam paparannya, Donny Bayu Sanjoyo menjelaskan mengenai review terhadap produk jamu dan herbal tradisional supaya lebih dikenal, lebih diminati, lancar distribusinya, memiliki developt produk, memiliki insight pemasaran serta memiliki strategi marketing.

"Untuk produk yang sudah tersedia itu harus memiliki kriteria nyata yaitu produk harus bagus sesuai dengan segmentasi pasar, mempunyai kemasan menarik, dan mempunyai benefit yang bisa dirasakan oleh masyarakat yang mengkonsumsi," katanya, dalam rilis kepada Tribunjateng.com, Selasa (8/12/2020).

Kemudian syarat lainnya, katanya, produk secara distribusi juga mudah ditemukan, mudah dijangkau, dan terbeli oleh masyarakat, termasuk repeat order-nya baik melalui online maupun melalui marketplace.

Sedangkan dalam hal produk kekinian sesuai dengan pasar baik secara online maupun offline, maka produk tersebut harus juga kekinian baik secara developt maupun diversifikasi produk menyesuaikan kebutuhan konsumen.

"Dan yang pasti produk tersebut harus aman. Jadi sebuah produk harus  available dan reliable, yaitu keberadaannya memang ada dan bisa digunakan serta dijangkau oleh masyarakat," tegasnya.

Adapun tips-tips marketing atas suatu produk, di antaranya adalah suatu produk diharapkan tetap terhubung dengan pelanggan melalui media sosial, baik itu media sosial Facebook, Instagram, dan Youtube.

Sedangkan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan produk kepada pelanggan atau masyarakat maka harus melakukan update produk secara berkala. Hal itu bisa dilakukan dalam bentuk produk-produk baru atau benefit-benefit baru.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved