Breaking News:

Berita Purbalingga

Kredit Mawar Antarkan Purbalingga Raih Anugerah TPKAD Award

Pemerintah Kabupaten Purbalingga mendapatkan anugerah Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Award 2020.

Istimewa
Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) TPAKD 2020 yang berlangsung secara virtual, Kamis (10/12). 

TRIBUNBANYUMAS. COM, PURBALINGGA - Pemerintah Kabupaten Purbalingga mendapatkan anugerah Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Award 2020. Kabupaten Purbalingga memenangkan kategori Kabupaten / Kota Pendorong Pembiayaan kepada Sektor UMKM Terbaik’.

Penghargaan diserahkan pada acara Rapat Kordinasi Nasional  (Rakornas) TPAKD 2020 yang berlangsung secara virtual, Kamis (10/12).  Rakornas TPAKD dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan  (OJK) Wimboh Santoso, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, para menteri rumpun ekonomi serta gubernur dan bupati / walikota se-Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Dewan Komisioner OJK menyerahkan piala secara virtual yang diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Purbalinga Wahyu Kontardi didampingi kepala OPD terkait dan pimpinan lembaga jasa keuangan dari Ruang Rapat Bupati.

Penghargaan tersebut diraih atas kinerja TPAKD Kabupaten Purbalingga dalam meningkatkan literasi dan akses keuangan melalui berbagai program kerja unggulan, di antaranya, kredit mawar, subsidi bunga dan road show UMKM. 

Penilaian dilakukan oleh tim yang terdiri dari Kemenko Perekonomian, Kemendagri, OJK, Bank Dunia dan akademisi dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo meminta seluruh kepala daerah agar mendorong program inklusi keuangan. Caranya, dengan meningkatkan literasi keuangan dan mempermudah akses kredit bagi UMKM.

"Saya ingin mengajak seluruh daerah agar bisa mendorong rakyat kita untuk bisa akses keuangan harus kita percepat caranya dengan menambung dan mempermudah urusan akses kredit bagi UMKM," katanya, Kamis (10/12/2020). 

Terlebih, kata Presiden, di era pandemi ini sektor UMKM mengalami tekanan. Kemudahan dalam mengakses modal akan membantu pemulihan UMKM yang akan berdampak positif bagi perekonomian secara nasional.

Presiden  berterimakasih kepada para kepala daerah yang sudah bekerja keras dalam meningkatkan akses keuangan kepada masyarakat.

Kredit Mawar adalah kredit tanpa agunan dan tanpa bunga yang diluncurkan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi sejak 27 Februari 2019. Kredit ini bertujuan untuk mempermudah akses permodalan bagi UMKM sekaligus upaya untuk memberantas rentenir.

Pada pelaksanaannya, sampai 10 Desember 2020, program yang dilaksanakan oleh Perumda BPR Artha Perwira ini sudah dikucurkan kepada 518 nasabah dengan plafon kredit yang sudah disalurkan sebesar Rp. 1.233.5000.000.

Selain itu, program unggulan TPAKD Purbalingga lainnya adalah subsidi bunga yang sudah dilaksanakan sejak 2005. Program ini sudah dinikmati oleh 20.369 UMKM dengan jumlah pinjaman yang diberikan subsidi bunga sebesar Rp. 163.491.809.807. 

Pada 2020, Pemerintah Kabupaten Purbalingga mengucurkan anggaran sebesar Rp. 1 milyar untuk program subsidi bunga. Pelaksanaannya disalurkan melalui 15 lembaga jasa keuangan, baik perbankan, BPR, BMT maupun koperasi di Kabupaten Purbalingga. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved