Breaking News:

Berita Semarang

BP Jamsostek Ungaran Klaim Terapkan Layanan Tanpa Calo

BP Jamsostek Kantor Cabang Ungaran, Kabupaten Semarang klaim telah terapkan layanan kepada peserta jaminan tanpa calo.

Penulis: M Nafiul Haris | Editor: sujarwo
TRIBUNJATENG.COM/M NAFIUL HARIS
Karyawan dan peserta BP Jamsostek Kantor Cabang Ungaran membubuhkan tanda tangan dukungan layanan bersih antikorupsi, Jumat (11/12/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Kantor Cabang Ungaran, Kabupaten Semarang mengklaim telah menerapkan layanan kepada peserta jaminan tanpa calo.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPJS Jamsostek Kantor Cabang Ungaran Muslih Hikmat disela peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2020 di kantornya, Jumat (11/12/2020).

Menurut Muslih, seluruh layanan pada BP Jamsostek Ungaran dipastikan bebas dari praktik korupsi dimana salah satu indikator pemberian layanan bebas tanpa ada calo.

“Sepengetahuan saya, dari Januari 2020 sampai sekarang itu tidak ada calo. Karena itu terkait dengan permasalahan antikorupsi yang terus kami tekankan ke semua karyawan maupun peserta,” terangnya kepada Tribunjateng.com, di Kantor BP Jamsostek Cabang Ungaran, Jumat (11/12/2020)

Ia memastikan, pelayanan terhadap pelanggan atau peserta BP Jamsostek tidak diberlakukan pungutan dengan alasan biaya administrasi ketika mengakses layanan. Selain itu, hal yang bersifat himbauan supaya menghindari calo atau sifatnya berurusan dengan uang terus disampaikan.

Pihaknya mengungkapkan, seluruh proses pengurusan BP Jamsostek sangat mudah. Karenanya diharapkan tidak ada peserta yang menitipkan berkas kepesertaannya kepada karyawan. Dengan berbagai kemudahan dalam mengakses layanan, peserta bisa mengurus kepersertaannya secara mandiri tanpa bantuan orang lain.

“Itu sudah kami sampaikan, jadi jangan sekali-sekali seluruh insan BPJS ada terindikasi dengan korupsi, suap, maupun gratifikasi. Kami juga tidak memberikan perlakuan khusus bagi peserta golongan tertentu. Semuanya diberlakukan sama, setara. Kalau peserta tidak atau belum paham, kita memberikan informasi ke yang bersangkutan agar lebih paham,” katanya

Dirinya menyampaikan atas dukungan peserta, pada tahun 2018 silam jajarannya mendapatkan piagam tiga besar dari KPK sebagaia institusi bersih dari KKN. Untuk mendukung capaian tersebut, berbagai pelayanan secara bertahap dibuat tanpa harus tatap muka.

Kedepan lanjutnya, jaminan kecelakaan kerja, kematian, dan pensiun seluruhnya bisa diakses secara daring. Sejauh ini baru Jaminan Hari Tua yang bisa diakses penuh menggunakan aplikasi sehingga tidak perlu layanan tatap muka antara peserta dan petugas.

“Artinya, BP Jamsostek mulai menghindari berkas manual dan menggantinya dengan berkas berbasis elektronik atau digital. Kita terus berbenah diri, terus menyerap saran atau keluhan dari para peserta. Layanan daring bertahap disempurnakan, jadi tidak diharapkan lagi sekarang adanya kontak fisik selama masa pandemi ini,” ujarnya

Pada kesempatan itu bertepatan dengan momentum Hari Antikorupsi Sedunia 2020 seluruh pegawai BP Jamosostek Cabang Ungaran dan peserta digelar penandatanganan petisi komitmen tidak melakukan korupsi. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved