Breaking News:

Liga 1

Gelandang Persebaya Makan Konate Mundur, GM PSIS Pastikan Pemain Asingnya Masih Solid

Ketidakpastian kompetisi Liga 1 yang dihe tikan sejak Maret lalu kembali membuat pemain asing memilih mundur.

OfficialPersebaya/Jonathanyohvinno
Kapten Persebaya Surabaya, Makan Konate, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Madura United pada ajang Piala Gubernur Jatim 2020. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ketidakpastian kompetisi Liga 1 yang dihe tikan sejak Maret lalu kembali membuat pemain asing memilih mundur.

Terbaru yakni, playmaker Peraebaya Surabaya Makan Konate. Pemain asal Mali tersebut memutuskan mundur dari Persebaya karena ketidak jelasan kompetisi.

Hal ini juga sudah diumumkan secara reami oleh pihak Persebaya. Sebelumnya tim Bajol Ijo juga baru saja kehilangan bomber asingnya, David Da Silva yang juga mundur.

Soal mundurnya pemain asing ini, sudah banyak dialami klub-klub peserta Liga 1. Bahkan, tercatat, hanya empat klub Liga 1 saja yang pemain asingnya masih memutuskan bertahan.

Satu di antaranya adalah PSIS Semarang. Tiga klub lain yakni PSS Sleman, Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Menurut General Manager PSIS, Wahyu "Liluk" Winarto, untuk komposisi pemain asing saat ini, Liluk mengatakan para pemain asing masih berkomitmen bertahan di PSIS meski kompetisi belum dilanjutkan.

Para pemain asing PSIS saat ini sedang berada di negaranya masing-masing menghabiskan masa libur latihan di klub. Antara lain Flavio Beck Junior yang kembali ke Kroasia, Bruno Silva dan Wallace Costa Alves yang kembali ke Brasil, serta Jonathan Cantillana yang kembali ke Chile.

"Sementara pemain asing kita masih solid," kata Liluk kepada Tribunjateng.com, Jumat (11/12/2020).

Selain mundurnya banyak pemain asing di tim Liga 1, hal yang berbeda justru terjadi di pemain lokal maupun naturalisasi yang berstatus pemain Liga 1. Beberapa dari mereka dilirik klub-klub luar negeri. Terutama dari Thailand dan Malaysia.

Liluk mengatakan sejauh ini pihaknya belum menerima tawaran dari klub luar negeri manapun untuk meminang salah satu penggawa Mahesa Jenar saat ini.

Namun jika nantinya ada pemain yang dilirik, manajemen PSIS tak akan mempersulit dan siap melepas. Menurut Liluk, pihaknya tak keberatan sebab hal tersebut menjadi kesempatan pemain yang bersangkutan menaikkan levelnya serta bisa menambah ilmu jika bermain di luar negeri.

"Ya kita sih belum ada klub atau agen yang menghubungi kita terkait pemain PSIS. Tapi kalau seandainya sikap kita tentunya jika itu komunikasinya berjalan dengan baik dan kita demi kemajuan pemain, kita sih welcome aja," kata Liluk.

"Kalau memang ada klub apalagi dari luar saya kira kita terbuka," tambahnya.

Di skuad PSIS saat ini, Liluk menyebut ada beberapa pemain yang layak diperhitungkan untuk bersaing di luar negeri. 

"Kita di PSIS punya beberapa pemain nasional seperti Septian David, lalu Hari Nur yang sempat rumornya dilirik tim Thailand itu. Ya kita terbuka sekali lagi kalau memang ada tim luar yang berminat dengan pemain kita," ungkapnya. (*)

Penulis: Franciskus Ariel Setiaputra
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved