Breaking News:

Berita Purbalingga

Sempat Tertunda karena Pandemi, DUPR Purbalingga Anggarkan Peningkatan Jalan di Tahun 2021

Pandemi Covid 19 bukan hanya melumpuhkan ekonomi masyarakat. Kegiatan pembangunan pemerintah pun terganggu

tribunjateng/dok
ilustrasi jalan rusak di Jateng 

TRIBUNJATENG. COM, PURBALINGGA - Pandemi Covid 19 bukan hanya melumpuhkan ekonomi masyarakat. Kegiatan pembangunan pemerintah pun terganggu.

Bagaimana tidak, anggaran yang mestinya dipakai untuk kegiatan pembangunan daerah, harus dipangkas atau direalokasikan ke program penanggulangan Covid 19.

Begitupun alokasi anggaran untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), tak luput dari kebijakan refocuassing. K

onsekuensi dari kebijakan itu, program peningkatan jalan tahun 2020 ini harus ditunda.

Drajat mengatakan, sebelum ada pandemi Covid 19, Pemkab Purbalingga mengalokasikan sekitar Rp 123 miliar dari APBD untuk kegiatan DPUPR selama setahun.

Tetapi di masa pandemi, tahun 2020, anggaran itu menyusut signifikan karena kebijakan refocussing dan realokasi untuk pananggulangan Covid 19.

Karena minim kegiatan pembangunan, kondisi sebagian jalan kabupaten semakin rusak, terlebih saat musim penghujan seperti saat ini.

Kabid Bina Marga DPUPR Purbalingga Drajat Uji Wakhyono mengatakan, kondisi jalan Kabupaten Purbalingga sepanjang sekitar 880 kilometer pada akhir tahun 2019 88 persen baik.

"Akhir tahun 2019, kondisi jalan Kabupaten di Purbalingga mantab, " katanya, Jumat (12/12/2020)

Tetapi kondisi tahun 2019 saat itu belum ada pandemi Covid 19. Program pembangunan dan peningkatan jalan pun masih berjalan lancar karena tidak ada pemangkasan anggaran.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved