Breaking News:

Pendidikan

STIE Bank BPD Jateng Dorong Pengembangan UMKM dalam Program Pengabdian Masyarakat

Setiap dosen STIE Bank BPD Jateng diwajibkan menjalankan tugas pengabdian masyarakat dan penelitian tiap semesternya.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: moh anhar
Istimewa
Tim dosen STIE Bank BPD Jateng melakukan pengabdian masyarakat di Kelurahan Kalipancur, Ngaliyan, Kota Semarang, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pengabdian masyarakat dan penelitian menjadi kewajiban setiap dosen sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tak terkecuali para dosen Sekolah Tinggi llmu Ekonomi (STIE) Bank BPD Jateng Semarang.

Setiap dosen STIE Bank BPD Jateng diwajibkan menjalankan tugas pengabdian masyarakat dan penelitian tiap semesternya. Untuk itu, pihak kampus memberikan support berupa pendanaan.

"Kami ada 30 dosen dan setiap dosen kami wajibkan melakukan satu kali pengabdian masyarakat sekali tiap semester. Begitu juga dengan penelitian, harus dilakukan sekali tiap semester," kata Ketua STIE Bank BPD Jateng, Siti Puryandani kepada Tribun Jateng, Minggu (13/12).

Siti menuturkan, kewajiban tersebut sudah menjadi program STIE Bank BPD Jateng melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M). Kewajiban penelitian dan pengabdian masyarakat tersebut menjadi indikator keberlanjutan (sustainability) kampus yang terletak di Jalan Arteri Soekarno-Hatta itu.

"Pengabdian masyarakat dan penelitian menjadi beban kerja setiap dosen selain beban kerja mengajar. Karena kalau hanya mengajar saja, beban kerja dosen di tempat kami sudah berlebih," tuturnya.

Baca juga: Kerap Ikuti Fun Football, Gelandang PSIS David Maulana Tegas Tolak Undangan Tarkam, Ini Alasannya

Baca juga: Angka Partisipasi Pemilih di Pilkada Kabupaten Semarang Capai 78,7 Persen

Baca juga: Viral Pengantin Wanita Menangis Histeris Gara-gara Mantan Hadiri Resepsi Pernikahan, Ini Faktanya

Baca juga: Kadisdikbud Kendal Imbau Guru Tak Paksakan Pembelajaran Model Home Visit

Satu di antara pengabdian masyarakat yang dijalankan yaitu di Kelurahan Kalipancur, Ngaliyan, Kota Semarang, akhir November 2020 kemarin. Tim pengabdian masyarakat melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pemberdayaan bisnis UMKM.

Tim pengabdian masyarakat di Kelurahan Kalipancur tersebut diketuai Pratomo Cahyo Kurniawan, dengan anggotanya Fika Azmi, Suryakusuma Kholid Hidayatullah, Yanti Puji Astuti, dan Rinwantin.

Ketua tim pengabdian masyarakat dosen STIE Bank BPD Jateng, Pratomo Cahyo Kurniawan mengatakan, tim pengabdian melakukan penyuluhan dan edukasi tentang upaya pemberdayaan akselerasi produktivitas dan stabilitas bisnis UMKM di Kelurahan Kalipancur Semarang.

"Dalam kegiatan tersebut dihadiri sekitar 50 peserta UMKM dari berbagai jenis industri UMKM, yaitu makanan minuman, kerajinan dan lainnya," katanya.

Adanya pengabdian masyarakat tersebut diharapkan memberikan edukasi serta mendorong para pelaku UMKM untuk lebih meningkatkan produktivitas bisnis mereka sehingga bisnis UMKM mampu berkembang secara baik dan memiliki pangsa pasar yang luas baik secara lokal maupun nasional. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved