Breaking News:

Selidiki Covid-19 Jenis Baru di Inggris, WHO: Virus Ini Berkembang dan Berubah

WHO memastikan telah menerima laporan adanya 1.000 kasus varian baru dari covid-19 yang muncul di Inggris, dan memerintahkan penyelidikan lebih lanjut

Editor: Vito
Tribunnews.com
Ilustrasi virus 

TRIBUNJATENG.COM, JENEWA - WHO memastikan telah menerima laporan adanya 1.000 kasus varian baru dari covid-19 yang muncul di Inggris, dan langsung memerintahkan adanya penyelidikan lebih lanjut.

Melansir Reuters, pada Senin (14/12), untuk sementara WHO belum menemukan bukti varian baru tersebut memiliki sifat yang berbeda dengan jenis virus yang sudah ada saat ini.

"Kami mengetahui varian genetik ini dilaporkan ada pada 1.000 individu di Inggris," ungkap kepala program darurat WHO, Mike Ryan, dalam pengarahan harian di Jenewa.

Menurut dia, WHO akan segera menyelidiki sejauh mana signifikansi perbedaan antara covid-19 yang ada sekarang dengan varian baru yang ada di Inggris tersebut.

"Kami telah melihat banyak varian, virus ini berkembang dan berubah seiring dengan berjalannya waktu," paparnya.

Kini, WHO bekerja sama dengan Inggris dan otoritas kesehatan lain untuk menilai apakah mutasi yang dilaporkan itu mengubah perilaku virus.

"Jenis evolusi dan mutasi seperti ini sangat umum," katanya, kepada wartawan, Senin (14/12).

Ia menambahkan, belum ada informasi yang menunjukkan varian virus ini lebih mematikan atau lebih mudah menular antar-manusia.

Virus-virus seperti SARS-CoV-2 yang menyebabkan covid-19 bermutasi secara konstan selama menular dari satu orang ke orang lain.

Para ilmuwan mengatakan, sebagian besar mutasi hanya memiliki dampak kecil terhadap penyakit manusia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved