Breaking News:

Menlu Retno Pastikan RI Tak akan Buka Hubungan dengan Israel

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan, Indonesia hingga saat ini tidak berniat membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Editor: Vito
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan, Indonesia hingga saat ini tidak berniat membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Hal itu disampaikan Retno sebagai tindak lanjut dari arahan langsung Presiden Jokowi, sekaligus menanggapi sejumlah pemberitaan baru-baru ini yang menyebut Indonesia akan segera menormalisasi hubungan dengan Israel.

"Sebagai tindak lanjut arahan bapak presiden kepada menteri luar negeri, saya ingin menyampaikan dua hal. Hingga saat ini tidak terdapat niatan Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel," katanya, dalam press briefing virtual Kementerian Luar Negeri, Rabu (16/12).

Menurut dia, Indonesia akan tetap berpegang pada solusi dua negara dan parameter internasional lain yang telah disepakati. Indonesia akan terus mendukung kemerdekaan Palestina.

"Dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution dan parameter internasional lain yang disepakati, secara konsisten akan tetap dilakukan," ujarnya.

Pada akhir pekan lalu, Pemerintah Israel dilaporkan tengah berupaya untuk menormalisasi hubungan dengan Indonesia dan Oman, setelah sebelumnya berhasil membuka hubungan dengan beberapa negara Timur Tengah dan Afrika.

Seperti dilaporkan stasiun televisi Israel, Channel 12, yang dikutip surat kabar The Times of Israel, Minggu (13/12), seorang sumber diplomat di negara itu menyatakan, mereka kini tengah menjajaki peluang normalisasi hubungan dengan Indonesia dan Oman.

Informasi itu beredar setelah Israel berhasil melakukan normalisasi hubungan dengan Bahrain, Uni Emirat Arab (UEA), Sudan, dan Maroko. Sumber itu menyatakan, Negeri Zionis tersebut tengah berusaha mendekat kepada Oman dan Indonesia.

Ketika dikonfirmasi saat itu, Kemlu RI menyatakan, sampai saat ini tidak melakukan proses apapun terkait dengan normalisasi hubungan dengan Israel.

"Kemlu RI tidak melakukan langkah-langkah seperti yang dituliskan media itu, dan saya tidak tahu latar belakang tulisan tersebut," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com.

Ia berujar, sampai saat ini pemerintah Indonesia masih tetap berpegang terhadap konstitusi dan melanjutkan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina. (cnn)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved