Breaking News:

Berita Pati

Cegah Korupsi, Capaian MCP Pemkab Pati Peringkat Tiga se-Jawa Tengah

Per 11 Desember 2020, capaian sementara MCP Pemkab Pati menempati peringkat tiga se-Jawa Tengah dan 14 nasional.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Kepala Korwil VII KPK Brigjen Pol Bachtiar Ujang Purnama di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (17/12/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Per 11 Desember 2020, capaian sementara Monitoring Control for Prevention (MCP) Pemerintah Kabupaten Pati menempati peringkat tiga se-Jawa Tengah dan peringkat 14 nasional.

Hal tersebut terungkap dalam kunjungan Koordinator Wilayah (Korwil) VII Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (17/12/2020).

Kunjungan tersebut dilakukan Korwil VII KPK dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) tematik aset dan optimalisasi pendapatan.

Adapun MCP merupakan monitoring capaian kinerja program koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi (Korsupgah) KPK yang dilaksanakan pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

MCP merangkum capaian pemerintah daerah dalam menerapkan pencegahan korupsi pada delapan area intervensi KPK, yakni perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP), manajemen aparatur sipil negara (ASN), optimalisasi pajak daerah, manajemen aset daerah, serta tata kelola dana desa.

Dari nilai rata-rata delapan area intervensi tersebut, Pemkab Pati mendapat nilai 83.

Kepala Korwil VII KPK, Brigjen Pol Bachtiar Ujang Purnama, menyampaikan apresiasinya atas capaian tersebut.

“Maksud peringkat ini ialah sebagai indikator kinerja Pemkab Pati terkait pengelolaan tata pemerintahan yang baik dalam menekan tindak pidana korupsi. Kedelapan area intervensi yang ada merupakan potensi korupsi di daerah. Kalau tertangani dengan baik, potensi korupsi akan mengecil atau bahkan tidak ada sama sekali,” ungkap dia.

Dengan capaian ini, Bachtiar meminta Bupati Pati Haryanto dan jajarannya untuk tidak cepat berpuas diri. Terutama terkait realisasi pencegahan korupsi secara operasional di lapangan.

Ia memberi contoh terkait peresmian Mal Pelayanan Publik di Pati pada 17 Desember lalu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved