Breaking News:

FOKUS

Jihad Medsos Agar Waras Digital

Dalam tiga tahun terakhir, jumlah hoaks melalui berbagai platform di Indonesia meningkat. Sejak 1 Januari hingga 16 November 2020 mencapai 2.024 hoaks

Istimewa
Tajuk Ditulis Oleh Jurnalis Tribun Jateng M Nur Huda 

Tajuk Ditulis Oleh Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM - Dalam tiga tahun terakhir, jumlah hoaks melalui berbagai platform di Indonesia meningkat. Data dari Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), tahun 2018 mencapai 997 hoaks, tahun 2019 ada 1.221 hoaks.

Data terbaru, terhitung sejak 1 Januari hingga 16 November 2020, jumlahnya mencapai 2.024 hoaks.

Lebih dari sepertiga hoaks beredar di Indonesia sepanjang 2020 berkaitan dengan pandemi Covid-19. Lainnya berkaitan dengan isu pilkada serentak 2020, omnibus law UU, dan isu-isu lain.

Ketua Presidium Mafindo Septiaji Eko Nugroho menyebut, hoaks yang tersebar di Indonesia lebih banyak ditemukan di platform Facebook, disusul Twitter kemudian WhatsApp.

Dari aspek kecepatan beredarnya informasi tidak benar hingga dikonsumsi masyarakat, menurut Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rahman, penyebarannya enam kali lebih cepat. Jumlahnya mencapai 10 sampai 20 kali lebih banyak daripada informasi yang benar.

Disebutnya ada sejumlah strategi yang disiapkan pemerintah agar Indonesia bisa "waras digital" dan bisa meminimalisasi hoaks.

Pertama, mendorong kewarasan digital melalui narasi-narasi baik. Narasi yang baik harus ditingkatkan agar kesalahan alur informasi atau miskomunikasi bisa diminimalisasi.

Kedua, mendorong masyarakat bercerita di dunia digital. Kontra narasi terhadap informasi yang tidak benar harus dihentikan. Ketiga, meningkatkan volume serta kecepatan dari berita-berita baik.

Keempat, melakukan analisa serta menerapkan metodologi jejaring sosial dan vitalitas dalam setiap kajian komunikasi publik.

Halaman
12
Penulis: m nur huda
Editor: Vito
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved