Breaking News:

Berita Sragen

Pasien RS Sragen Tidak Memperoleh Hak Pilih di Pilkada, Bawaslu Sebut Potensi Pelanggaran

Sebagian besar pasien di RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen tidak memperoleh hak pilih pada Pilkada Sragen lalu.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani
Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi Bawaslu Sragen, Edy Suprapto (memegang mic) ketika menyampaikan kepada wartawan, Jumat (18/12/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Sebagian besar pasien di RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen tidak memperoleh hak pilih pada penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sragen (9/12) lalu.

Bahkan kritikan itu juga disoroti calon Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Dia menganggap KPU Sragen kurang siap mempersiapkan pemungutan suara di RS.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi Bawaslu Sragen, Edy Suprapto kepada wartawan menyampaikan hal tersebut berpotensi pelanggaran.

"Ada beberapa pihak yang menyayangkan tidak seluruh pasien di RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen hak pilih tidak diberikan pelayanan secara menyeluruh oleh TPS-TPS berdekatan."

"Tentu saja itu ada potensi pelanggaran pasal 178 juga ada pelanggaran PKPU 6  bahwa semua pemilih harus dijamin artinya untuk memilih," terang Edy, Jumat (18/12/2020).

Edy mengatakan hal tersebut masih menjadi dugaan pelanggaran mengenai pelayanan pemungutan suara di RS.

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen seharusnya diampun enam TPS terdekat rumah sakit. Yakni TPS 2-7, namun tidak seluruh petugas datang ke RS.

Edy menyebut setidaknya hanya ada dua petugas KPPS dari TPS 3 dan TPS 6 yang mendatangi pasien. Sementara TPS 2, 5, 6 dan 7 tidak datang.

"TPS 5,6,7 dan 2 karena sesuatu hal mereka tidak datang ke RS. Ini yang kemudian potensi pelanggaran itu kami identifikasi sekarang, kami investasi dan kami pleno ada potensi dugaan pelanggaran," terangnya.

Potensi dugaan pelanggaran pidana, pelanggaran administrasi dan etik. Edy mengatakan temuan ini sedang didalami oleh pihaknya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved