Breaking News:

Berita Purbalingga

Cegah Klaster Covid 19 di Perayaan Nataru, Operasi Lilin Candi 2020 Kedepankan Protokol Kesehatan

Polres Purbalingga gelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2020 dalam rangka pengamanan Nataru.

Istimewa
Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2020 dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru di halaman Mapolres Purbalingga, Senin (21/12/2020). 

TRIBUNBANYUMAS. COM, PURBALINGGA - Polres Purbalingga melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2020 dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru di halaman Mapolres Purbalingga, Senin (21/12/2020).

Apel gelar pasukan mengusung tema Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di masa Pandemi Covid-19. Sebab pengamanan Nataru tahun ini beda dengan sebelumnya mengingat di tengah pandemi Covid 19. Di samping keamanan, kesehatan masyarakat juga jadi perhatian serius yang mesti diutamakan. 

Kapolres Purbalingga AKBP Muchammad Syafi Maulla dalam apel membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik ndonesia (Kapolri) Jenderal Polisi  Idham Aziz. 

Isi amanat itu di antaranya, apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2020 dan tahun baru 2021, baik pada aspek personal maupun sarana dan prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra kamtibmas lainnya.

Karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2020 selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai tanggal 4 Januari 2021 dengan. 

"Operasi mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional," kata Kapolres, Senin (21/12/2020). 

Pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman.

Pengamanan ini, kata dia, tidak boleh dianggap agenda rutin tahunan biasa. Sehingga menjadikan aparat kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19. 

"Jangan sampai perayaan Natal dan tahun baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19,"katanya

Dalam pengamanan Operasi Lilin 2020 di wilayah Kabupaten Purbalingga, didirikan Pos Pengamanan Terpadu di Alun-alun PurbaIingga, Pos Pengamanan Jompo, Pos Pengamanan Karangreja, Pos Pengamanan Bukateja dan Pos Pengamanan di Sirongge. 

Disiapkan juga pos pengamanan di 27 gereja wilayah Kabupaten Purbalingga. Selain itu, anggota disiagakan di pos pengamanan objek wisata antara lain di Owabong, Purbasari Pancuran Mas, Taman Reptil, Pemandian Tirto Asri Walik, Golaga dan Rest Area Serang. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved