Breaking News:

Berita Pekalongan

Tekan Penyebaran Covid-19, AKBP Darno Minta Tidak Ada Pesta Perayaan Tahun Baru

Kapolres Pekalongan AKBP Darno melarang penyelenggaraan pesta perayaan malam pergantian tahun baru 2021.

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Kapolres Pekalongan AKBP Darno melarang penyelenggaraan pesta perayaan malam pergantian tahun baru 2021.

"Tidak ada masyarakat yang berkerumun untuk merayakan malam pergantian tahun. Kalau pun ada kita akan bubarkan. Perayaan malam tahun baru dilarang karena berpotensi mengundang kerumunan massa yang berisiko tinggi dalam persebaran virus corona," kata AKBP Darno kepada Tribunjateng.com, Senin (21/12/2020).

Kapolres Pekalongan mengungkapkan, jika ada masyarakat yang mengadakan kerumunan saat malam tahun baru, pihaknya akan melakukan penindakan.

Mulai dari pembubaran hingga sanksi hukum akan diberlakukan terhadap para pelanggar.

"Kita ada perda yakni Peraturan Bupati Pekalongan Nomor 41 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan. Guna mengantisipasi adanya kelompok masyarakat yang membandel atau bersikeras untuk menggelar perayaan malam tahun baru," ungkapnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah, apalagi menggelar kerumunan saat malam tahun baru.

"Sebaiknya, kegiatan tahun baru di rumah saja. Rayakan malam pergantian tahun dengan keluarga. Apalagi ini kan kasus Covid-19 masih tinggi. Harus terapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan menjauhi kerumunan," tandasnya.

Selain melarang adanya pesta perayaan tahun baru, Kapolres Pekalongan juga menyampaikan bahwa saat ini jajarannya tengah melaksanakan Operasi Lilin Candi 2020, yang digelar selama 15 hari dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021. 

"Operasi Lilin Candi nanti kita akan mengedepankan kemanusiaan. Tidak ada operasi lilin candi yang sifatnya penindakan. Kita utamakan kemanusiaan dengan penerapan disiplin protokol kesehatan," imbuhnya.

AKBP Darno menambahkan, dalam operasi lilin candi ini personil yang diterjunkan ada 500 orang."320 dari personil Polres Pekalongan dan sisanya dari TNI serta instansi terkait," tambahnya. (*)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved