Breaking News:

Penanganan Corona

Bupati dan Sejumlah ASN Terpapar Covid 19, Dinkes Purbalingga Tes Swab Anggota Dewan

Pemkab Purbalingga gencar melakukan tes usap sebagai bagian dari upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19

Istimewa
Anggota DPRD Purbalingga menjalani tes usap kemarin, Senin (21/12/2020) 

TRIBUNJATENG. COM, PURBALINGGA - Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga kembali melakukan swab test untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Kali ini giliran anggota DPRD Kabupaten Purbalingga yang harus menjalani tes usap.

Kemarin, Senin (21/12/2020), sebanyak 24 anggota DPRD Purbalingga menjalani tes swab yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan.

Pemeriksaan ini merupakan hasil tracing dari kasus terkonfirmasi positif Covid 29 yang ditemukan Dinkes sebelumnya. Para anggota itu sempat kontak erat dengan salah satu staf yang terkonfirmasi positif.

"Anggota DPR yang di-swab 24 orang. Kontak erat dengan penderita terkonfirmasi," katanya, Selasa (22/12/2020)

Hanung tidak bisa memastikan kapan hasil tes PCR akan keluar. Pasalnya, Rumah Sakit Umum Daerah Margono Soekarno tempat uji laboratorium dilakukan saat ini sedang overload. Tetapi ia berharap hasil tes swab akan keluar tidak lebih dari lima hari.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan lebih dulu melakukan tes usap terhadap 13 orang, 7 di antaranya berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN). Mereka dites lantaran sempat melakukan kontak erat terhadap Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid 19.

Tiwi mengumumkan sendiri kondisi kesehatannya itu melalui media sosial, Minggu (13/12/2020). Ia pun meminta masyarakat yang merasa sempat kontak erat dengannya untuk melapor ke tenaga kesehatan.

Dari hasil tes usap itu, kata Hanung, diketahui ada 8 orang terkonfirmasi positif Covid 19. Ke delapan pasien positif itu selanjutnya menjalani isolasi mandiri untuk proses penyembuhan.

Sebagaimana lazimnya, dari temuan kasus positif, Dinkes lantas melakukan tracing. Hasilnya, terdapat 37 orang yang sempat kontak erat dengan pasien sebelumnya. Mereka yang sebagian besar ASN itu pun telah menjalani tes swab.

"Sekarang sedang menunggu hasil, " katanya

Pemkab Purbalingga gencar melakukan tes usap sebagai bagian dari upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Masyarakat diimbau untuk mematuhi protokol Kesehatan untuk mengurangi risiko penularan Covid 19. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved