Breaking News:

Penanganan Corona

Kisah Pemdes Batursari Pati & Pengusaha Rajungan Fasilitasi Puluhan Pekerja hingga Sembuh dari Covid

Ia menyebut, pemilik usaha secara suka rela menyediakan tempat tinggalnya yang cukup luas untuk menjadi tempat karantina

 
TRIBUNJATENG.COM, PATI - Beberapa pekan lalu, sekitar akhir November hingga awal Desember, sebanyak 24 pekerja pengupas rajungan di Dukuh Celelek, Desa Batursari, Kecamatan Batangan, harus menjalani karantina karena dinyatakan positif Covid-19.

Hal ini sempat menjadi sorotan khusus Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati. Mereka dianggap sebagai klaster baru penularan Covid-19 di Pati.

Namun, berkat kerja sama antara pemilik usaha, pemerintah desa, dan masyarakat setempat, kini ke-24 pekerja rajungan tersebut telah dinyatakan sembuh. Bahkan, kini mereka telah kembali bekerja seperti sedia kala.

Kepala Desa Batursari, M Subur, mengatakan bahwa berhasil diputusnya mata rantai persebaran covid-19 di wilayahnya ini tak lepas dari kepedulian pemilik usaha dan masyarakat sekitar.

Ia menyebut, pemilik usaha secara suka rela menyediakan tempat tinggalnya yang cukup luas untuk menjadi tempat karantina. Pemilik usaha juga mencukupi kebutuhan logistik 24 pekerjanya yang dikarantina.

“Selaku pemerintah desa kami juga membantu seadanya, antara lain menyediakan kasur. Alhamdulillah masyarakat sini juga peduli.

Hampir setiap malam mereka mengantarkan makanan atau barang kebutuhan lainnya.

Dukungan masyarakat begitu kami rasakan, bahwa ini memang tanggung jawab bersama,” ujar dia ketika dijumpai di kediaman Siswanto dan Sugiyati, pemilik usaha rajungan kupas, Sabtu (19/12/2020) lalu.

Subur mengatakan, ketika awal munculnya klaster pengupas rajungan ini, pihaknya harus memutar otar untuk memikirkan langkah penanganan.

Pihak pemerintah daerah dan kecamatan menyampaikan bahwa 24 pekerja tidak mungkin diisolasi bersamaan di rumah sakit atau hotel yang ditunjuk sebagai tempat karantina. Sebab, kapasitas sudah tidak memadai.

Halaman
123
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved