Breaking News:

Penanganan Corona

Puncak Pandemi Covid-19 di Banyumas Diprediksi Lanjut Hingga 2021, Ini Kata Ahli Epidemiologi Unsoed

Menurutnya di negara lain seperti Tiongkok, Italia, Selandia Baru, dan Singapura kurva Corona sudah melewati puncak dan sudah melandai

TRIBUNBANYUMAS/Permata Putra Sejati
Penerapan protokol kesehatan di tempat wisata Hutan Pinus Limpakuwus, Banyumas, kepada pengunjung dengan cek suhu tubuh dan cuci tangan, pada Sabtu (6/12/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Pertanyaan yang sering muncul adalah kapan sebenarnya puncak pandemi Covid-19 khususnya di Banyumas akan berakhir.

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir 10 bulan dan belum menunjukkan tanda-tanda kapan akan berakhir.

Ahli Epidemiologi Lapangan (Field Epidemiology) Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, dr.Yudhi Wibowo, M.PH. mengatakan jika hal itu bergantung pada perubahan perilaku masyarakat.

Yudhi yang juga merupakan Dosen Fakultas Kedokteran Unsoed tersebut mengatakan Protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 berjalan lambat, puncak pandemipun akan berjalan lambat.

Menurutnya di negara lain seperti Tiongkok, Italia, Selandia Baru, dan Singapura kurva Corona sudah melewati puncak dan sudah melandai.

Sementara di negara lain sudah siap-siap untuk menghadapi serangan gelombang ke-2 bahkan ke-3 pandemi Covid-19 ini.

Mengetahui kapan puncak pandemi Covid-19 ini, dapat dilihat dengan membuat grafik diagram batang yang dibuat berdasarkan data kasus baru Covid-19 harian.

Agar lebih spesifik dapat pula dikaji melalui kurva epidemi.

Kurva epidemi adalah grafik yang menggambarkan jumlah kasus pandemi menurut tanggal onset penyakit (tanggal timbulnya gejala penyakit).

Kurva epidemi sangat bermanfaat untuk mengetahui pola penyebaran penyakitnya, besar masalah penyakit tersebut, outliers (kasus yang ganjil), tren waktu, penyebab dan atau periode inkubasi (periode dari infeksi sampai dengan timbul gejala).

Halaman
123
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved