Breaking News:

Penanganan Corona

40 Ibu Hamil di Pekalongan Terpapar Covid-19

Sebanyak 40 ibu hamil (bumil) di Kabupaten Pekalongan, terpapar Covid-19. Kepala Dinas Kabupaten Pekalongan Setyawan

Tribun Bali
Ilustrasi Virus Corona 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Sebanyak 40 ibu hamil (bumil) di Kabupaten Pekalongan, terpapar Covid-19.

Kepala Dinas Kabupaten Pekalongan Setyawan Dwiantoro mengatakan, berdasarkan data di bulan Desember dari 145 bumil yang menjalani tes swab, hasilnya 40 bumil terkonfirmasi Covid-19.

"Kalau sebarannya terbanyak di Puskesmas II Kedungwuni ada 11 kasus, terus di Puskesmas Wiradesa ada 7 kasus, lalu di Puskesmas Wonopringgo dan Puskemas Kedungwuni masing-masing 4 kasus.

"Lainnya, menyebar di sejumlah puskesmas dengan jumlah kasus bumil positif satu hingga dua orang," kata Kadinkes Kabupaten Pekalongan Wawan saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (25/11/2020).

Kemudian, untuk data di bulan November dari 8 bumil yang menjalani swab, semuanya positif Covid-19. Lalu, bulan Oktober dari 196 bumil yang menjalani swab tes, 11 yang terpapar virus corona.

Wawan menuturkan, bumil yang memasuki masa kelahiran dilakukan tracking serta dilakukan pemeriksaan tes swab dan rapid tes.

"Tujuannya pada saat memasuki HPL atau usia persalinan sudah siap untuk rujukannya. Di Puskesmas yang ada di Kabupaten Pekalongan, sudah memiliki ruang persalinan. Harapannya, ruangan tersebut bisa membantu mensupport rumah sakit," tuturnya.

Pihaknya berharap, yang persalinan di puskesmas itu proses kelahiran normal, tanpa ada Covid-19.

Sementara itu, berdasarkan update di corona.pekalongankab.go.id, pada tanggal (23/12/2020), pukul 23:01 WIB, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) atau suspek sebanyak 621 orang, dimana 620 orang selesai pemantauan, dan 1 orang meninggal dunia.

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) atau probable ada 77 orang, dengan rincian 54 orang sudah pulang dan sehat, dan 23 orang meninggal dunia.

Sedangkan kasus positif Covid-19 atau terkonfirmasi ada 1.234 orang, dengan 58 orang meninggal dunia, 48 dirawat, 241 orang menjalani isolasi mandiri, dan 887 orang sembuh.

Bersama kita lawan virus corona.

Tribunjateng.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak). (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved