Breaking News:

Berita Purbalingga

Operasi Lilin Candi, Forkopimda Purbalingga Cek Pos Pengamanan Nataru

Forkopimda Kabupaten Purbalingga memastikan kondisi personel yang bertugas dalam Operasi Lilin Candi.

Istimewa
Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2020 dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru di halaman Mapolres Purbalingga, Senin (21/12/2020). 

TRIBUNBANYUMAS. COM, PURBALINGGA - Forkopimda Kabupaten Purbalingga memastikan kondisi personel yang bertugas dalam Operasi Lilin Candi 2020. Di antaranya dengan melawat sejumlah pos pengamanan Natal dan Tahun Baru, kemarin (25/12/2020). 

Adapun pos yang dicek meliputi Pos Alun-alun, Pos Terminal Bukateja, Pos Jompo, Pos Sirongge dan berakhir di Pos Rest Area Karangreja. Di situ, mereka mengecek secara langsung kondisi Pos Pengamanan Nataru dan jalannya mekanisme ibadah umat Kristiani maupun perayaan Natal di masa Pandemi Covid-19. 

Kapolres Purbalingga AKBP Muhammad Safi Maulla mengungkapkan, secara umum kegiatan terpantau aman dan lancar.
Beberapa gereja, kata dia, melaksanakan ibadah secara virtual. Meski ada juga yang melaksanakan ibadah secara langsung dengan tetap  melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. 

Pos pengamanan Nataru juga terpantau aman. Kondisi arus lalu lintas pun masih terpantau normal. 

"Arus lalu lintas normal dan jumlah pemudik terpantau tidak ada penambahan yang signifikan, " katanya, Jumat (26/12/2020) 

Untuk pengamanan Nataru, pihaknya menyiagakan lebih dari 300 personel gabungan TNI, Polri, Dishub, Dinas Kesehatan dan lainnya. Mereka siap 24 jam untuk mencegah berbagai kemungkinan yang berpotensi menggangu Kamtibmas dan gangguan lainnya. 

Pihaknya mengantisipasi kebiasaan masyarakat yang melaksanakan kegiatan selebrasi di malam pergantian tahun. 
Karenanya masyarakat diimbau tidak melaksanakan kegiatan pengumpulan massa dalam jumlah banyak di malam pergantian tahun. 

"Ini sesuai arahan Kapolri melalui maklumat serta ada Surat Edaran baik dari Gubernur maupun Bupati yang melarang kegiatan tersebut, untuk mencegah penyebaran Covid-19," jelasnya.

Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Decky Zulhas menyampaikan, kondusifitas wilayah yang telah terjaga agar tetap dipertahankan.

Dari pantauan pihaknya, sampai  saat ini, tidak ditemukan kejadian menonjol terkait ganguan Kamtibmas maupun gangguan lainnya. 

"Ini supaya tetap dipertahankan agar kegiatan ibadah maupun aktifitas kemasyarakatan lainnya dapat berjalan aman dan lancar,"katanya. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved