Breaking News:

Berita Banjarnegara

Dawet Ayu Banjarnegara Nyaris Menang di Ajang API Minuman Tradisional, Bupati Minta Dukungan

Dawet Ayu Banjarnegara menduduki urutan kedua dari 10 kontestan dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia.

Istimewa
Istri Bupati Banjarnegara Marwi Budhi Sarwono (tengah) saat menikmati dawet ayu minuman khas Banjarnegara. 

TRIBUNBANYUMAS. COM, BANJARNEGARA - Dawet Ayu Banjarnegara  menduduki urutan kedua dari 10 kontestan dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 per tanggal 27 Desember 2020. 

Dalam urutan tiga besar sementara dalam poling via SMS, Dawet Ayu hanya kalah tipis dengan Kopi Semendo dari Kabupaten Muara Enim yang berhasil mendulang 34,2 persen. Sementara Dawet Ayu dari Kabupaten Banjarnegara meraih 33,2 persen, disusul Sirup Henggi dari Kabupaten Fak Fak 17 persen. 

Kompetisi semakin sengit karena Dawet Ayu hanya terpaut 2500 suara dengan pesaing utamanya. Untuk memenangkan Dawet Ayu dalam ajang bergengsi tersebut, Bupati Budhi Sarwono mengimbau ASN dan masyarakat Kabupaten Banjarnegara melakukan gerakan voting Dawet Ayu melalui SMS secara masif.

"Kami berupaya merangkul seluruh elemen yang ada untuk menangkan dawet ayu Banjarnegara termasuk ASN dan masyarakat umum," terangnya, Senin (28/12/2020).

Budhi mengimbau, masyarakat Banjarnegara juga warga Jawa Tengah untuk ikut mendukung gerakan voting ini. Bagaimanapun, Dawet Ayu juga membawa nama Jateng di tingkat nasional. 

"Masih ada beberapa hari lagi. Dalam waktu yang limit ini ayo kejar bersama untuk melampaui selisih 2500 dan terus ungguli biar menang, menjadi juara pertama. Ayo kirim SMS sebanyak-banyaknya," ajaknya .

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara, Agung Yusianto 
menambahkan, di lingkungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sebagai leading sector, masing-masing ASN diwajibkan voting SMS. Kepala Bidang diwajibkan mengirim 100 kali SMS, kepala Seksi 50 kali SMS dan staf 20 kali SMS.

Agung juga mengingatkan, bahwa batas waktu voting tanggal 31 Desember 2020, atau tinggal beberapa hari lagi.

Sementara itu, gerakan untuk kemenangan Dawet Ayu juga dilakukan secara masif oleh para pelaku usaha pariwisata,  komunitas, organisasi pemuda, dan paguyuban yang berada di perantauan.

Dawet Ayu Banjarnegara masuk nomine Anugerah Pesona Indonesia tahun 2020,  sebagai minuman tradisional terpopuler. API Award merupakan perhelatan bergengsi di kancah nasional. Tiga chanel telah disiapkan untuk melakukan voting. Yaitu dengan melakukan Like Dawet Ayu malalui Instagram @apiaward, youtube apiaward dan mengirimkan SMS. Voting telah dimulai 1 Agustus dan akan ditutup 31 Desember 2020. (*)

Es dawet ayu khas Banjarnegara di Alun- alun Kota Tegal, tepatnya di seberang Kantor Cabang BRI Kota Tegal. Penjual Toni menjual es dawet ayu buatannya Rp 5.000 per porsi.
Es dawet ayu khas Banjarnegara di Alun- alun Kota Tegal, tepatnya di seberang Kantor Cabang BRI Kota Tegal. Penjual Toni menjual es dawet ayu buatannya Rp 5.000 per porsi. (TRIBUN JATENG/FAJAR BAHRUDDIN ACHMAD)
Penulis: khoirul muzaki
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved