Breaking News:

Berita Pekalongan

BPBD Catat 26 Kejadian Pohon Tumbang di Kabupaten Pekalongan

BPBD Kabupaten Pekalongan mencatat ada 26 kejadian pohon tumbang yang sebabkan rumah rusak, dan lainnya.

Istimewa
Penanganan pohon tumbang di Jalan Raya Sragi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan mencatat, ada 26 kejadian pohon tumbang yang menyebabkan rumah rusak, jaringan listrik putus dan menutup akses jalan akibat hujan deras yang mengguyur di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

"Sejak bulan Oktober hingga sampai sekarang BPBD mencatat ada 26 kejadian pohon tumbang di wilayah Kabupaten Pekalongan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Rahardjo kepada Tribunjateng.com, Selasa (29/12/2020).

Menurutnya, untuk jumlahnya kemungkinan masih bisa bertambah, mengingat saat ini angin kencang masih berpotensi kembali terjadi di Kabupaten Pekalongan.

Kemudian berdasarkan data, kejadian pohon tumbang di wilayah Kabupaten Pekalongan mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2019.

"Alhamdulillah, apabila ada laporan pohon BPBD, PMI, TNI, Polri, Tagana, relawan, dan masyarakat selalu bergotong royong untuk membersihkan pohon yang tumbang tersebut," ujarnya.

Budi mengungkapkan, kejadian pohon tumbang paling banyak ada di Kecamatan Kandangserang.

"Selama tiga bulan pohon tumbang paling banyak di Kecamatan Kandangserang, tepatnya di Desa Tajur," ungkapnya.

Saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak dalam penanganan pohon tumbang.

"Untuk pohon-pohon yang rawan roboh, kita sudah berupaya melakukan pemangkasan bersama petugas Dinperkim," imbuhnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan bencana di musim penghujan ini. Baik warga yang berada di pesisir, atau wilayah dataran tinggi di Kabupaten Pekalongan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati apabila turun hujan lebat, kalau bisa berteduh dulu di tempat yang aman jangan di bawah pohon."

"Lalu apabila ada kejadian pohon tumbang silahkan menghubungi call center BPBD Kabupaten Pekalongan 082-297-678-800 atau 0285 381-905," tandasnya. (*)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved