Breaking News:

Berita Semarang

DPRD Jateng akan Atur Desa Wisata Lebih Optimal untuk Tingkatkan PAD

Provinsi Jateng serius kembangkan desa wisata mengingat sektor ini jadi satu penyumbang PAD cukup besar.

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: sujarwo
Dok DPRD Jateng/ist
Sejumlah wisatawan tampak menikmati pemandangan gunung berapi purba yang ada di Desa Wisata Nglanggeran, Yogyakarta. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Provinsi Jawa Tengah serius mengembangkan desa wisata. Pasalnya, sektor ini dinilai jadi satu penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) yang cukup besar.

Pemprov juga telah memilik Peraturan Daerah (Perda) tentang desa wisata untuk mengembangkan potensi wisata yang tersebar di 35 kabupaten/kota.

Meskipun demikian, pengembangan desa wisata di Jateng masih perlu lebih dioptimalkan. Hal ini agar kontribusi terhadap PAD juga bisa lebih meningkat.

Untuk mempelajari pengembangan desa wisata Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah menyambangi Desa Wisata Nglanggeran, Putuk, Gunung Kidul, Yogyakarta pada Senin (28/12/2020).

"Desa Wisata Nglanggeran di Yogyakarta telah terbukti sukses dalam tata kelola sehingga dapat berkontribusi terhadap PAD provinsi setempat," kata Ketua Komisi C DPRD Jateng, Asfirla Harisanto, Selasa (29/12/2020).

Bahkan, lanjutnya, desa wisata yang menjadi inspirasi penyanyi campursari, mendiang Didi Kempot ini dinobatkan sebagai desa wisata terbaik di Asia Tenggara atau ASEAN.

Rata-rata kunjungan setiap tahunnya kisaran 150 ribu orang. Kawasan gunung berapi purba ini pernah mencatatkan rekor jumlah kunjungan tertinggi pada 2014 dengan jumlah kunjungan 325.303 orang. Dari data tersebut, sebanyak 324.827 merupakan wisatawan lokal dan sisanya berasal dari wisatawan asing.

Untuk kontribusi terhadap pemerintah daerah setempat juga cukup tinggi. Misalnya, pada 2018 destinasi ini menyumbang retribusi Rp284 juta untuk pemerintah setempat.

"Studi banding ini diharapkan ilmu yang diperoleh dapat menjadi bahan pembelajaran guna mengembangkan desa wisata yang dimiliki Jawa Tengah," ujar politikus yang akrab disapa Bogi ini.

Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini menuturkan sebetulnya Jateng memiliki banyak sekali potensi desa wisata yang sayang jika tidak dikembangkan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved